Blog Competition

[Blog Competition] Siap Mudik, Siap untuk Selamat di Jalan

19 Mei 2017 09:32:48 Diperbarui: 26 Mei 2017 15:04:24 448

Hari

Jam

Menit

Detik

Sudah Berakhir
[Blog Competition] Siap Mudik, Siap untuk Selamat di Jalan

Hari Raya Idul Fitri memang menjadi momen kemenangan setelah sebulan berpuasa dan juga momen untuk melepas rindu dengan sanak saudara di kampung halaman. Untuk itu, mudik atau pulang ke kampung halaman sudah menjadi tradisi jelang lebaran. Meningkatnya aktivitas arus mudik menggunakan berbagai moda transportasi dapat menimbulkan potensi terjadinya kecelakaan yang menimbulkan korban. Maka dari itu, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan berkoordinasi dengan sektor terkait dan menerapkan kebijakan agar masyarakat dapat mudik ke kampung halaman dengan aman dan nyaman berdasarkan Instruksi Presiden No. 3 Tahun 2004 tentang Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Terpadu.

Kecelakaan kendaraan roda dua mencapai 70 persen dan mendominasi angka kecelakaan pada 2016 silam. Salah satu kebijakan Kemenhub untuk menekan angka kecelakaan pemudik sepeda motor adalah dengan mengadakan mudik gratis untuk pengguna sepeda motor. Motor pemudik akan diangkut dengan truk sehingga pemilik motor dapat mudik dengan moda transportasi yang lebih aman dan nyaman. Kemenhub juga akan meluncurkan kampanye #SiapUntukMudik pada 22 Mei 2017 mendatang. Tak hanya itu, Kemenhub akan melakukan uji kelaikan kendaraan semua moda transportasi tanpa terkecuali untuk memastikan keselamatan dalam berkendara. Hasil uji tersebut akan dibagikan kepada Kompasianer sebagai bahan menulis blog competition.

Nah, Kompasianer, sudahkah Anda siap mudik pada Lebaran tahun ini? Kemenhub pun sudah bersiap diri untuk mengamankan jalur mudik masyarakat Indonesia. Kompasianer dapat berbagi cerita tentang persiapan atau antisipasi menghadapi mudik aman saat Lebaran agar selamat sampai tujuan, atau bahkan jika Kompasianer pernah ikut program mudik gratis bagi pengguna sepeda motor bisa juga menceritakan pengalaman tersebut untuk mengikuti Kompasiana Blog Competition ini. Simak syarat dan ketentuan kompetisi di bawah ini:

SYARAT & KETENTUAN

  • Peserta telah terdaftar sebagai anggota Kompasiana. Jika belum terdaftar, silakan registrasi di sini.
  • Tulisan bersifat baru, orisinal (bukan karya orang lain atau hasil plagiat), dan tidak sedang dilombakan di tempat lain.
  • Konten tulisan tidak melanggar Tata Tertib Kompasiana.

MEKANISME

  • Tema Lomba: Siap Mudik, Siap untuk Selamat di Jalan
  • Tulisan berupa pengalaman atau opini mengenai kesiapan mudik dengan moda transportasi yang aman dan nyaman selain sepeda motor.
  • Periode Lomba: 19 Mei – 17 Juni 2017
  • Tulisan tidak lebih dari 1.500 kata
  • Peserta wajib mencantumkan label: Siap untuk Mudik dalam tiap tulisan.
  • Tulisan yang tidak sesuai dengan ketentuan dan tema lomba tidak bisa diikutkan lomba.
  • Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
  • Pemenang akan diumumkan setelah 14 hari kerja periode lomba usai.

* Artikel dengan tingkat keterbacaan tinggi akan mendapatkan nilai lebih.

HADIAH

A. Sebanyak 25 pemenang terpilih yang mengunggah tulisan pada 7 hari pertama periode lomba (19-26 Mei 2017) berkesempatan mendapatkan mudik gratis dari Kemenhub. Pemenang dapat membawa 3 anggota keluarga lainnya. Rute yang dapat dipilih adalah Jakarta – Yogyakarta dan Jakarta – Wonogiri dengan moda transportasi bus. Syarat dan ketentuan berlaku.

B. Hadiah uang tunai diperebutkan selama satu bulan periode penulisan 19 Mei – 17 Juni 2017. Ke-25 pemenang mudik gratis juga berkesempatan memenangkan hadiah uang tunai ini.

  • Pemenang 1: Uang tunai sebesar Rp 5.000.000,-
  • Pemenang 2: Uang tunai sebesar Rp 3.000.000,-
  • Pemenang 3: Uang tunai sebesar Rp 2.000.000,-

Ayo segera kirimkan karya tulis terbaik Anda dan jadilah pelopor keselamatan dalam berlalu lintas! Untuk mengetahui event Kompasiana lainnya, silakan kunjungi halaman ini. (DIN)

Berikut ini adalah materi #SiapUntukMudik yang dapat Anda unduh sebagai bahan untuk menulis. Klik di sini.