Review

[UPDATE] Blog Review: Peran Mikroorganisme Alami dalam Pengolahan Air Bersih

04 Desember 2016 11:18:52 Diperbarui: 15 Desember 2016 17:42:30 Dibaca : Nilai :

Hari

Jam

Menit

Detik

Sudah Berakhir
[UPDATE] Blog Review: Peran Mikroorganisme Alami dalam Pengolahan Air Bersih

DKI Jakarta sebagai ibukota negara Indonesia yang memiliki 13 aliran sungai mengalami defisit air bersih sebesar 9.100 liter per detik. Tingkat pencemaran sungai yang sangat tinggi menjadi alasan mengapa sungai di Jakarta tidak bisa dimanfaatkan dalam proses pengolahan air bersih. Dimana amonia, detergen dan mangan merupakan polutan terlarut yang mendominasi pencemaran sungai di Jakarta.

Dalam ambang batas yang sesuai standar, ketiga polutan tersebut dapat dihilangkan dalam sistem pengolahan air bersih secara konvensional. Tetapi dari tahun ke tahun, jumlah polutan tersebut semakin meningkat sehingga diperlukan teknologi khusus untuk mengeliminasi ketiganya. Tetapi siapa sangka ternyata teknologi yang digunakan untuk menghilangkan polutan amonia, deterjen dan mangan justru berupa mikroorganisme alami yang hidup di dalam air itu sendiri.

PALYJA bersama Kompasiana mengajak Kompasianer untuk mengunjungi Instalasi Pengolahan Air (IPA) Cilandak untuk melihat langsung teknologi pertama di Asia Tenggara yaitu Moving Bed Biofilm Reactor (MBBR) yang memanfaatkan mikrooganisme alami di dalam air untuk menghilangkan polutan amonia, deterjen dan mangan. Tertarik untuk ikutan? Yuk cari tahu rincian acara berikut terlebih dahulu.

  • Acara: Kompasiana Visit: Peran Mikroorganisme Alami dalam Pengolahan Air Bersih
  • Hari/Tanggal: Rabu, 7 Desember 2016
  • Waktu: Pukul 10.00 – selesai
  • Tempat: Instalasi Pengolahan Air (IPA) Cilandak PALYJA, Jalan Ampera Raya No. 1, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12560
  • Meeting point: Instalasi Pengolahan Air (IPA) 1 PALYJA Pejompongan, Jalan Penjernihan 2, Tanah Abang, Jakarta Pusat [PETA]
  • Kuota: 25 Kompasianer
  • Aktivitas:
    • Live tweet competition
    • Kuis

Untuk mendaftarkan diri, segera kirimkan email ke kompasiana[at]kompasiana[dot]com dengan subyek email “Daftar Visit PALYJA Cilandak” dan sertakan data diri sebagai berikut:

  • Nama
  • URL akun Kompasiana
  • Alamat
  • Nomor telepon

Setelah acara berlangsung, Kompasiana dan PALYJA akan mengadakan Kompasiana Review, dimana para peserta acara ditantang untuk menuliskan reportase atau pengalaman saat mengikuti acara Kompasiana Nangkring Bersama PALYJA dengan mencantumkan label Visit PALYJA. Periode review berlangsung selama satu minggu sejak kegiatan visit berlangsung, yaitu 8 - 14 Desember 2016. 5 kompasianer dengan artikel review paling menarik akan mendapatkan hadiah voucher belanja senilai satu juta rupiah. Untuk informasi acara atau kompetisi Kompasiana lainnya yang sedang berlangsung, silakan klik di sini. (GIL)

Daftar peserta:

  1. Emanuel Prattomo
  2. Yayat
  3. Syaiful W Harahap
  4. Uci Junaedi
  5. Rusan Novaly
  6. Andri Mastiyanto
  7. Erni Pakpahan
  8. Wulan Komalawati
  9. Tauhid Patria
  10. Setyaningrum
  11. Muthia Alhasany
  12. Nugroho N Azhar
  13. Kiki Handriyani
  14. Rifki Ilmayanto
  15. Achmad Chumaidi
  16. Dewi Puspa
  17. Hendra Rachdyan
  18. Yogi Wibowo
  19. Noval Kurniadi
  20. Riap Windu
  21. .......
  22. .......

Kompasiana

/kompasiana

TERVERIFIKASI

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com
Selengkapnya...

KUMPULAN ARTIKEL BLOG COMPETITION