Event Komunitas Offline

[BOLANG] Update Event Panen Nila & Berbagi Hasil Investasi di Sentra Budidaya Nila Kota Malang

28 Mei 2021 14:35:44 Diperbarui: 04 Juni 2021 10:00:04 490

Hari

Jam

Menit

Detik

SUDAH BERAKHIR
[BOLANG] Update Event Panen Nila & Berbagi Hasil Investasi di Sentra Budidaya Nila Kota Malang
Hasil Budidaya Kampung Nila Slilir, Kota Malang|Gambar Kiriman Mas Tuy|28/05/2021

Kini, saatnya Bolang memanen hasil dari belajar berinvestasi di Sentra Intensif Budidaya Ikan Nila (Si Ikan Nila). Sentra nila ini berada Bakalankrajan, sebuah kelurahan di pinggiran kota yang berbatasan dengan desa Sitirejo, kecamatan Wagir, kabupaten Malang. 

Hingga kini, terdapat sekitar 67 kolam bioflok nila yang berhasil dikembangkan. Diantara 67 kolam tersebut, komunitas Blogger Kompasiana Malang (Bolang) memiliki dua buah kolam bioflok hasil patungan. 

Setelah empat bulan lamanya, ikan nila yang dibudidayakan di dua kolam tersebut layak Bolang panen. Diperkirakan, profit yang diperoleh berkisar antara 15-20 % dari nilai investasi yang ditanam.

Sebagai gambaran, kinerja kolam Bioflok Nila milik Bolang pernah ditulis oleh Mas Yunus di Kompasiana dengan judul, "Kinerja Bioflok Milik Bolang di Kampung Nila Slilir"

Sementara ini, ada tujuh peserta dari Bolang yang turut berinvestasi. Dari segi nominal, mungkin jumlah investasi mereka tidaklah seberapa. Namun dari segi pemberdayaan masyarakat dan proses belajar mengembangan inovasi sosial ekonomi, tentu banyak hal yang dapat diambil pelajaran.

Bersyukur, inovasi pemberdayaan masyarakat Si Ikan Nila yang diinisiasi oleh Kelurahan Bakalankrajan ini mendapat penghargaan sebagai Juara III Terbaik dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Kota Malang Tahun 2021.

Bagi Bolang, ada keunikan dan orisinalitas inovasi pemberdayaan nila yang mungkin tidak ditemui di tempat lain. Keterlibatan Bolang di Komunitas Kampung Nila Slilir dirasakan ada manfaatnya, seperti menambah jejaring sosial sekaligus berbagi profit ekonomi. Anda penasaran?

Jika Anda tertarik, yuk hadir di event outdoor sekaligus Halal bi Halal bersama Bolang dengan cara mengklik DAFTAR di bawah judul tulisan di atas. Event Bolang ini akan diselenggarakan besok pada:

  • Hari/Tgl : Minggu, 6 Juni 2021 (Panen Perdana). Senin-Selasa, 6-7 Juni 2021 (Pasca Panen: Membeli hasil Panen)
  • Pukul      : 08.30-11.00 Wib
  • Acara      : 1. Lelang Panen Nila, Berbagi Hasil Investasi, dan Penawaran Investasi Tahap II
  •                   2. Ici-Icip Nila Bakar dan Launching Website Sentra Ikan Nila
  • Tempat  : Kampung Nila Slilir (KNS), Jl. Pelabuhan Tanjung Priok RT 02/RW 03 Slilir, Bakalankrajan, Sukun, Kota Malang (Sebelah Pondok Pesantren  Hidayatul Mubtadi-ien Al-Hikmah) (lihat lokasi)
  • Info 1      : Usai kunjungan, akan dibuka EVENT LOMBA menulis/membuat video seputar budidaya Si Ikan Nila dengan hadiah yang wow!
  • Info 2      : Jika Anda tertarik dengan produk nila yang segar, gurih, dan tidak bau tanah serta turut berinvestasi tahap II, Anda dapat memperolehnya di lokasi atau melakukan pre order ke Bolang/KNS.

Sampai bertemu di lokasi dalam keadaan sehat wal afiat. Oh ya, jangan lupa tetap memperhatikan protokol kesehatan: pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, dan bawa hand sanitizer!

Kami tunggu partisipasi Anda semua. Salam dari Bolang!