Event Komunitas Online

7 Tantangan Perayaan Hari Film Nasional

25 Maret 2021 04:21:05 Diperbarui: 31 Maret 2021 06:33:11 838

Hari

Jam

Menit

Detik

Sudah Berakhir
7 Tantangan Perayaan Hari Film Nasional
7 Tantangan Kalian Siap Mengikutinya? (dok. KOMiK)

Halo Komiker,

Sudah tahu kan 30 Maret diperingati sebagai Hari Film Nasional (HFN). Nah, untuk menyambut dan memeriahkan HFN, KOMiK selama sepekan akan Indonesia banget alias akan bahas dan adakan tantangan seputar film Indonesia.

Kalian bisa lho bikin artikel, bahas semua hal tentang film Indonesia, dari uneg-uneg bioskop, kualitas film Indonesia di platform streaming, hingga film Indonesia masa kecil yang sukses bikin nangis. Bebas. Nantinya beberapa artikel terpilih akan tayang di majalah film digital KOMiK, yaitu KO-Magz.

Nah yang tak kalah seru adalah tantangan KOMiK bertemakan Hari Film Nasional ke-71. Total ada tujuh tantangan KOMiK yang akan hadir satu-persatu tiap harinya. 

Tantangan ini akan berbeda-beda tiap harinya, demikian pula dengan medianya. Misalnya hari ini tantangan berkaitan dengan film komedi di blog dan esoknya berkaitan dengan poster terhoror versi Komiker untuk diunggah di instagram.

Tapi tantangan ini berbeda dengan yang pernah KOMiK adakan. Bagi mereka yang memenuhi jumlah tantangan tertentu akan langsung mendapatkan hadiah, namun jumlahnya terbatas. Keikutsertaannya juga boleh acak dan tidak berurutan.

Penasaran, berikut tata caranya:

  1. Tantangan akan disampaikan 1 buah tiap harinya mulai 25 Maret. Total tantangan ada 7 buah.
  2. Tantangan akan diberikan via akun KOMiK di Kompasiana dan/atau di kanal media sosial KOMiK yakni (IG: @komik.kompasiana), (Twitter: @komik_ksiana) dan Facebook (Tautan di sini). Follow ya kanal medsos KOMiK.
  3. Setiap tantangan diberikan hastag #harifilmnasional dan #tantangankomik
  4. Untuk tantangan di IG, FB, dan Twitter, peserta diwajibkan mengajak dua teman untuk ikutan. Bisa dalam satu tweet atau utas dua tweet (khusus untuk Twitter) bila caption tidak cukup.
  5. Peserta bisa mengikuti tantangan secara acak, tidak harus berurutan dan tidak harus dikerjakan hari yang sama tantangan muncul, asal dikerjakan dalam durasi 25 Maret - 1 April.
  6. Apabila peserta merasa jumlah tantangannya telah memenuhi kriteria, bisa langsung lapor ke panitia melalui formulir berikut (https://bit.ly/LaporanTantangan).
  7. Mereka yang memenuhi persyaratan jumlah tertentu akan mendapatkan stempel dari panitia. Panitia akan memeriksa tantangan yang dilaporkan. Jika memenuhi persyaratan maka panitia akan memberikan stempel 'Lulus'. Pemeriksaan maksimal 1x24 jam.
  8. Jumlah hadiah terbatas perjumlah tantangan yang berhasil diselesaikan:
  9. Sifat hadiah siapa cepat ia dapat, maka setelah selesai mengikuti tantangan bisa langsung lapor.
  10. Jika sudah lapor memenuhi 3 tantangan tapi kemudian ikut juga lapor 5 atau 7 tantangan maka diperbolehkan, tapi hadiahnya hanya satu yaitu yang tertinggi. Misal ia sudah lapor selesai 3 tantangan ketika ia berhasil raih 5 tantangan maka ia berhak atas hadiah 5 tantangan. 
  11. Seluruh pemenang secara resmi akan diumumkan maksimal 5 hari setelah event ditutup.

Berikut Hadiah Tantangan:

  1. Berhasil selesaikan 3 tantangan: Saldo digital Rp25 ribu untuk 5 penakluk tantangan.
  2. Berhasil selesaikan 5 tantangan: Saldo digital Rp25 ribu dan gratis langganan platform streaming lokal selama 1 bulan untuk 4 penakluk tantangan.
  3. Berhasil selesaikan 7 tantangan: Saldo digital Rp50 ribu + gratis langganan platform streaming lokal selama 1 bulan dan merchandise Kompasiana untuk 3 penakluk tantangan.
  4. Semua peserta yang mengikuti event ini berhak atas undian mendapatkan hadiah berupa kaus Kompasiana dan totebag untuk 3 pemenang undian.

Seru bukan. Yuk ikut tantangannya. Apabila Komiker takut terlewat jenis tantangannya maka bisa ikuti semua kanal media KOMIK (FB/Twitter/IG) atau juga rajin periksa laman ini.

Nah berikut Tantangan 1:

tantangan pertama (dok.KOMiK)
tantangan pertama (dok.KOMiK)


Tentukan kutipan favorit film Indonesia dalam bentuk IG Feed
Di caption ajak 2 teman untuk ikut dengan hastag #KutipanFilm #TantanganKOMiK #HariFilmNasional

Kutipan favoritmu buat di IG Feed seperti ini (dok. KOMiK/Noval)
Kutipan favoritmu buat di IG Feed seperti ini (dok. KOMiK/Noval)


Tantangan II:

Tantangan kedua (dok. KOMiK)
Tantangan kedua (dok. KOMiK)


Sebutkan sosok hantu Indonesia yang paling menakutkan dan ceritakan pengalaman nonton film hantu tersebut. Unggah di  Twitter, mention @komik_ksiana dan ajak 2 teman untuk ikutan. Hastag #TantanganKomik #HariFilmNasional. Bisa pakai 2 tweet utas jika tidak cukup.

Poster tantangan II (dok. KOMiK)
Poster tantangan II (dok. KOMiK)


Tantangan III:

Sudah masuk tantangan ketiga (dok. KOMiK)
Sudah masuk tantangan ketiga (dok. KOMiK)


Ceritakan pengalaman nonton film Indonesia kali pertama di bioskop. Cerita diunggah di Kompasiana min. 300 kata. Dengan tambahan hastag #NontonFilmPerdana

Yang sudah taklukkan 3 tantangan langsung lapor ke sini ya:
https://bit.ly/LaporanTantangan

Poster tantangan III (dok. KOMiK)
Poster tantangan III (dok. KOMiK)

Tantangan IV:

Tantangan keempat (dok. KOMiK)
Tantangan keempat (dok. KOMiK)


Apa film Indonesia yang ditunggu-tunggu penayangannya? Kenapa?? Unggah di Facebook dan tambahkan hastag #FilmIndonesia #TantanganKomik #HariFilmNasional
Jangan di-private ya


Poster Tantangan IV (dok. KOMiK)
Poster Tantangan IV (dok. KOMiK)


Tantangan V:

Sudah masuk tantangan kelima (dok. KOMiK)
Sudah masuk tantangan kelima (dok. KOMiK)


Cerita yuk apa OST film favoritmu beserta alasannya! Cerita diunggah di Twitter, ajak 2 teman, mention akun KOMiK dan tambahkan hastag #OSTFilm #TantanganKomik #HariFilmNasional. Diperbolehkan 2 tweet dalam 1 utas bila caption tidak muat.


Ayo cerita soundtrack film favoritmu (dok. KOMiK)
Ayo cerita soundtrack film favoritmu (dok. KOMiK)

Tantangan VI:

Sudah masuk tantangan keenam nih (dok. KOMiK)
Sudah masuk tantangan keenam nih (dok. KOMiK)


Bagikan opini kalian tentang Usmar Ismail, Bapak Film Indonesia. Unggah opini di Twitter, ajak dua teman, mention akun KOMiK (@komik_ksiana) dan tambahkan hastag #tantangankomik #harifilmnasional #100tahunusmarismail. Boleh dua tweet dalam utas bila caption tidak cukup.


Bagikan opini Kalian tentang Usmar Ismail (dok. KOMiK)
Bagikan opini Kalian tentang Usmar Ismail (dok. KOMiK)

Tantangan VII:

Tantangan ketujuh (dok. KOMiK)
Tantangan ketujuh (dok. KOMiK)

Pasang foto idolamu dari sineas film Indonesia, boleh sosok di depan dan belakang layar. Unggah di Instagram. Mention @komik.kompasiana, ajak dua teman, dan tambahkan hastag #SineasLokal #TantanganKomik #HariFilmNasional

Dok. Komik
Dok. Komik


Yuk kita sambut Hari Film Nasional. Waktunya kita lebih kenal dan lebih dekat dengan film-film dalam negeri.