Event Komunitas Online

Bulan Superhero, Kami Undang Kalian Sampaikan Opini tentang Film Superhero dan Dapatkan Merchandise Official-nya!

06 Juni 2022 05:19:07 Diperbarui: 06 Juni 2022 07:28:26 809

Hari

Jam

Menit

Detik

Sudah Berakhir
Bulan Superhero, Kami Undang Kalian Sampaikan Opini tentang Film Superhero dan Dapatkan Merchandise Official-nya!
Yuk bagikan opini kalian tentang film superhero (dokumen KOMiK/Noval Kurniadi) 

Hola Komiker dan Kompasianer,

Kalian tentunya tak sabar akan kehadiran Gatotkaca yang akan segera mewarnai jagat perfilman nasional. Pada bulan ini juga bakal hadir Miss Marvel yang merupakan superhero perempuan berdarah Pakistan. Adanya dua superhero ini tentunya disambut antusias oleh pecinta film.

Film superhero saat ini punya banyak penggemar. Film-filmnya sukses meraup untung besar dari para penonton. Bahkan tak sedikit film superhero yang masuk dalam sepuluh besar film berpendapatan terbesar sepanjang masa, seperti "Avengers: Endgame", "Avengers: Infinity War", "Spider-Man: No Way Home", dan "The Avengers" yang berada di posisi kedua, kelima, keenam, dan kesembilan berdasarkan Box Office Mojo.

Hal yang sama juga terjadi di jagat perfilman Indonesia. Film "Gundala" cukup sukses dan berhasil meraup 1.699.433 penonton. 

Film "Satria Dewa: Gatotkaca" yang membuka jagat Satria Dewa juga diprediksi bakal sukses. Terbukti tiket presale screening terbatas pada 7 Juni laris manis.

Film superhero sendiri punya sejarah panjang. Di Amerika, Marvel merilis komik superhero sejak tahun 1939 dengan kehadiran Human Torch dan Namor Sub-Marine. DC Comics lebih dahulu hadir, dengan Doctor Occult dan Detective Comics pada tahun 1935 dan 1937.

Jagat superhero di Indonesia diawali dengan kisah Sri Asih pada tahun 1950-an, disusul dengan kisah Pandji Tengkorak, Jaka Sembung, dan Si Buta dari Gua Hantu.

Cerita superhero dari unsur pewayangan kemudian juga hadir. Era berikutnya, yakni era Aquanus, Godam, dan Gundala Putra Petir menguatkan antusiasme masyarakat terhadap kisah superhero lokal.

Saat ini film, komik, dan merchandise superhero menjadi salah satu ikon pop culture global. Hingga muncul tanda tanya sampai kapan kegandrungan masyarakat ini terhadap tokoh superhero berakhir? Sebenarnya apa yang membuat film superhero dicintai dan juga dibenci?

Nah, cukup panjang pengantar event kali ini. Kami sebenarnya hanya ingin mengundang semua Kompasianer dan Komiker untuk mengikuti event Bulan Superhero ini.

Hadiahnya adalah merchandise official dari Disney, Kesatria Dewa, dan Bumi Langit. Dengan rincian:

  • Juara 1-3: Kaus Gundala, kaus Gatotkaca, dan kaus Spider-Man
  • Juara 4: Mug Gatotkaca
  • Juara 5-7: Mug Marvel (Black Widow, Hulk, Thor)
  • Juara 8: Kartu kuartet Patriot dari Bumi Langit

Hadiah buat para pemenang (dok. KOMiK) 
Hadiah buat para pemenang (dok. KOMiK) 

Mug superhero (dok. KOMiK)
Mug superhero (dok. KOMiK)

Kartu patriot Bumi Langit (dok. KOMiK) 
Kartu patriot Bumi Langit (dok. KOMiK) 

Menarik kan hadiahnya?

Untuk mendapatkannya kalian ditantang untuk berbagi opini tentang pendapat atau pengetahuan kalian tentang superhero lokal atau mancanegara? 

Kalian bisa cerita tentang harapan atau opini kalian terhadap fase keempat MCU, hal-hal yang membuat film superhero dicintai atau malah dibenci, atau bagaimana kisah superhero menjadi ikon pop culture global, dan lain-lainnya. Bebas.

Ketentuan umum lainnya:

  1. Ditulis di Kompasiana, bebas SARA
  2. Tulisan minimal 500 kata dan disertai minimal 1 gambar (dengan sumber)
  3. Durasi penulisan: 6-20 Juni 2022
  4. Tambahkan label: bulan superhero, event komik, tantangan komik
  5. Sebarkan tulisan kalian di Twitter atau IG post dengan mention akun KOMiK: @komik_ksiana/@komik_kompasiana dengan hastag #bulansuperhero #eventkomik

Selamat menulis. Yuk nonton dan yuk nulis!