Keberadaan UMKM memegang peranan penting sebagai penggerak roda perekonomian nasional. Tercatat, UMKM mampu menyumbang ke Produk Domestik Bruto (PDB) hingga 60,34 persen, sekaligus menyerap tenaga kerja hingga 97 persen.
Dengan luasnya wilayah Indonesia dengan karakteristiknya masing-masing, setiap daerah berpotensi memiliki keunggulan produk UMKM-nya tersendiri. Dalam perkembangannya, UMKM diharapkan bisa membawa dampak positif terhadap perekonomian ataupun sosial.
JNE sebagai perusahaan jasa kurir ekspres dan logistik sangat mendukung perkembangan UMKM hingga ke pelosok negeri. Saat ini, JNE memiliki 8 wilayah regional yaitu Sumatera, Jakarta, Bodetabekcil (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Cilegon), Jabar, DIY-Jateng, JTBNN (Jawa Timur, Bali, NTT,NTB), Kalimantan, Sulampapua (Sulawesi, Ambon, Papua) yang terus berkomitmen menghadirkan layanan bagi penggunanya.
Apakah Kompasianer punya cerita unik dan menarik seputar pelaku pelaku usaha UMKM yang ada di daerah atau lingkungan sekitarmu? Ayo ceritakan keunikan tersebut dalam blog competition "Melihat Potensi UMKM di Pelosok Negeri" yang diadakan oleh JNE bersama dengan Kompasiana. Sebelum ikutan nulis, pastikan kamu simak informasi syarat dan mekanismenya berikut ini ya.
SYARAT & KETENTUAN
MEKANISME
Note: Blog competition ini dibuka untuk umum, dan nantinya akan dipilih 8 pemenang artikel regional dari masing-masing 8 regional JNE. Dari delapan artikel pilihan itu kemudian akan dipilih 3 artikel favorit yang berkesempatan mendapatkan hadiah paket wisata ke Labuan Bajo dan uang tunai.
HADIAH
Note:
Bagi tiga pemenang artikel favorit diharapkan untuk menuliskan 1 artikel yang menceritakan pengalaman saat pergi liburan ke Labuan Bajo bersama JNE.
Seru, ya! Ayo, segera kirimkan cerita terbaik Anda dan menangkan hadiahnya! Untuk mengikuti event Kompasiana lainnya, silakan kunjungi halaman ini. (GIL)