Event

[Blog Competition Estafet] Bikin Konten Sambil Mengasah Kerja Sama, Siapa Takut!

07 Februari 2020 09:47:53 Diperbarui: 07 Februari 2020 13:37:23 1076

Hari

Jam

Menit

Detik

[Blog Competition Estafet] Bikin Konten Sambil Mengasah Kerja Sama, Siapa Takut!
Hei hei, ada yang baru!

Seberapa sering kamu ikutan Blog Competition di Kompasiana? Coba deh dihitung. Ada 20 kali? Tentunya angka tersebut bakal lebih banyak kalau dijumlah dengan kompetisi menulis lain yang digelar di luar sana ya. Pernah nggak sih kamu berseloroh, "Bosen nih. Nggak ada yang lebih menantang apa?" Hiyak, hiyak, hiyak...

Kalau kamu adalah salah satu yang beranggapan bahwa Samber THR alias Blogcomp Marathon yang mewajibkan kamu nulis selama 30 hari nonstop itu belum cukup bikin engap (baca: sesak napas), maka kamu layak ikutan tantangan baru ini: Blogcomp Estafet! Lho apa bedanya sama Marathon

Beda dong. Kalau marathon, yang menjadi poin tantangan adalah membuat konten nonstop. Sedangkan di estafet ini kamu diwajibkan untuk berlomba secara berkelompok. Masing-masing anggota kelompok akan menulis artikel secara estafet/bergiliran/berantai simultan berdasarkan topik atau challenge yang ditentukan pada setiap periode. Cuss langsung cek syarat dan ketentuannya!

Syarat dan Ketentuan

  • Peserta adalah tim berisi 3 orang yang kesemuanya memiliki akun Kompasiana. Jika belum mendaftar, registrasi dulu yuk!
  • Tim memilih/membentuk sendiri anggotanya. Satu akun Kompasiana hanya dapat bergabung ke dalam satu tim.
  • Tulisan bersifat baru, orisinal, tidak sedang dilombakan di tempat lain, dan tidak melanggar Syarat & Ketentuan Kompasiana.
  • Setelah tayang, Tim Moderator akan memberlakukan kunci artikel pada konten lomba. Setelah dikunci, kamu tidak dapat melakukan perubahan apapun pada konten. Hal ini diberlakukan demi menjaga sportivitas peserta.
  • Pelanggaran aturan lomba dapat menyebabkan tim Anda didiskualifikasi

Cara Main

  • Setelah dibentuk, tim menentukan sendiri giliran main untuk setiap anggotanya. Siapa yang akan membuat konten untuk Topik 1, siapa untuk Topik 2, dst. Satu pemain hanya dapat membuat konten untuk satu topik.
  • Periode dan topik lomba:
    Topik 1 Valentine: "Mantan, Riwayatmu Kini"
    Menyambut Hari Kasih Sayang, Kompasiana mau ngajak kamu flashback ke masa ketika berjuang melepas kepergian mantan. Bukankah ikhlas juga merupakan tanda sayang? Jadi, kamu punya cerita apa nih buat kita? Janji deh, nggak bakal dibocorin ke yayangmu yang sekarang~
    Periode: 10-19 Februari 2020
    Label: Valentine Ingat Mantan dan Estafet Perdana (dengan spasi)

    Topik 2 Local Pride: "Pangan Lokal Bernutrisi"
    Nggak usah jauh-jauh beli salmon Norwegia atau garam dari Himalaya. Kalau dipikir-pikir, bahan pangan di negeri kita sudah bisa bikin jumawa. Dalam keriaan masyarakat yang kian gandrung dengan produk buatan sendiri, mari kita promosikan pangan lokal kita yang kaya nutrisi!
    Periode: 20-29 Februari 2020
    Label: Pangan Lokal Bernutrisi dan Estafet Perdana (dengan spasi)

    Topik 3: Cerpen Hari Musik
    Yang receh-receh ngobrolin mantan, udah. Yang agak serius ngomongin pangan, udah. Masak kategori Fiksiana nggak ada yang ngisi. Oke, kita tantang kamu bikin cerpen apapun tapi harus dimulai dengan kalimat ini: "Setiap tanggal 9 Maret kita merayakan Hari Musik Nasional."
    Periode: 1-10 Maret 2020
    Label: Cerpen Hari Musik dan Estafet Perdana (dengan spasi)

  • Pada setiap badan konten, penulis yang bersangkutan wajib mencantumkan nama semua anggota timnya. Tanamkan tautan/hyperlink pada setiap nama tersebut, ke URL akun Kompasiana mereka atau konten lomba yang dibuat oleh anggota tersebut. Contoh: Anggota Tim Kamboja Pak Tjipta, Mbakyu Yayat, Kaka Arnold.
  • Konten yang telah dibuat oleh tim wajib di-submit ke Google Form untuk dijurikan. Formulir ini baru akan terbuka pada periode terakhir hingga maksimal 3 hari setelah kompetisi berakhir. Nantikan link-nya di sini.
  • Setiap anggota dapat menulis lebih dari satu konten yang berbeda dalam setiap periode gilirannya. Tetapi tim hanya dapat memilih  2 konten terbaik dari masing-masing periode untuk di-submit ke penjurian.
  • Masa penjurian: 14 hari kerja. Penilaian diberikan secara akumulatif.
  • Pelanggaran aturan lomba dapat menyebabkan tim Anda didiskualifikasi.
  • Masih punya pertanyaan? Cek FAQ di sini ya~

Hadiah

  • @Rp 3.000.000/kelompok untuk 2 tim terbaik, potong pajak
  • @Rp 450.000/kelompok untuk 2 tim peraih hadiah hiburan, potong pajak

Nah gimana? Sudah cukup menantang? Kita coba ya, prok prok prok. Segera gaet sohibmu di Kompasiana yang sekiranya cocok menulis konten untuk periode-periode di atas dan selamat berstrategi!

Bagikan cara main ini ke semua anggota tim kamu ya!
Bagikan cara main ini ke semua anggota tim kamu ya!