Event

Hai Pelajar dan Mahasiswa, Kirim Tugas di Kompasiana Diperpanjang hingga Akhir Tahun!

30 April 2020 14:45:10 Diperbarui: 03 Agustus 2020 05:41:35 716

Hari

Jam

Menit

Detik

Hai Pelajar dan Mahasiswa, Kirim Tugas di Kompasiana Diperpanjang hingga Akhir Tahun!
Yok kirim yo. Bisa yok. (Kompasiana/Rizki Estiva)

Sejak bulan Maret lalu Kompasiana mendapati banyak sekali penayangan tugas sekolah dan kampus dengan berbagai tema. Wah, Kompasiana sungguh menyambut baik konten-konten tersebut dan mengucapkan selamat datang kepada murid, mahasiswa, guru, dan dosen dari beragam institusi pendidikan di Indonesia.

Memang, sejak ditetapkannya anjuran beraktivitas di rumah, sektor pendidikan juga mesti menjembatani kendala belajar-mengajar tanpa bertatap muka. Salah satunya ialah dengan memanfaatkan ragam aplikasi dan platform daring.

Ternyata di antaranya banyak juga yang menggunakan Kompasiana sebagai sarana mengasah kemampuan menulis, mengindahkan orisinalitas, dan melatih siswa berinteraksi dengan masyarakat luas.

Sebagai wujud apresiasi, Kompasiana mengadakan kompetisi mini "Kirim Tugas di Kompasiana" untuk pelajar dan mahasiswa yang menayangkan hasil pikirannya di Kompasiana. Harapannya, para kreator muda ini tidak hanya menulis demi menggenapi kewajibannya semata, tetapi juga dapat mengembangkan potensi diri dengan membuat konten-konten yang jauh lebih berkualitas. Simak ketentuannya!

SYARAT & KETENTUAN

  • Peserta adalah pelajar aktif (SD, SMP, SMA, dan sederajat) atau mahasiswa aktif perguruan tinggi (maksimal Strata 1)
  • Peserta telah terdaftar sebagai anggota Kompasiana. Jika belum, silakan lakukan registrasi.
  • Peserta wajib melengkapi data diri di bagian "Pengaturan" Kompasiana dan mengisi bio pada profil dengan format (Pelajar/Mahasiswa)_(Fakultas/Jurusan bila ada)_(Nama institusi). Misal: Pelajar Mesin Bubut STM 12345 atau Mahasiswa Sastra Melayu Universitas Tanah Rantau.
    Setelah mengisi, klik "Simpan" pada bagian bawah halaman pengaturan.
  • Konten tidak teridentifikasi melanggar S&K Kompasiana (cek lengkapnya di sini). Dilarang melakukan copy-paste baik dari situs, jurnal, tugas teman, buku pelajaran, dll. Mengutip diizinkan, tetapi dilarang melampaui lebih dari 25% dari konten yang dibuat. Dilarang pula menghapus konten, lalu menayangkannya ulang/repost. Selalu cantumkan sumber gambar pada kolom caption yang tersedia.
  • Konten bertema bebas, mengandung kebaruan, dan orisinal.
  • Khusus untuk kompetisi ini, Tim Moderator tidak melakukan Penguncian Artikel sampai ada ketentuan baru di masa mendatang.

Isi bagian pengaturan seperti contoh ini.
Isi bagian pengaturan seperti contoh ini.
Nanti jadinya akan tampak seperti ini, Gaes.
Nanti jadinya akan tampak seperti ini, Gaes.
  MEKANISME

  • Nama program: Kirim Tugas di Kompasiana
  • Tema dan bentuk tulisan: tidak ada. Silakan membuat konten sesuai apa yang ditugaskan oleh guru/dosen. Kalau nggak ditugaskan tapi mau inisiatif bikin konten, bisa juga lho ikutan kompetisi mini ini!
  • Periode: Diselenggarakan hingga batas waktu yang belum ditentukan dengan penentuan pemenang setiap bulannya.
  • Peserta wajib mencantumkan label Tugas di Kompasiana (dengan spasi) pada kolom label yang terdapat di dashboard menulis. Bisa juga ditambah dengan label unik yang ditetapkan oleh sekolan atau kampus. Misalnya: Tugas Interaksi Sosial Pak Apri SMPN 01 Balik Bukit.
  • Setiap bulannya, Tim Moderator akan memilih 30 konten tugas terbaik berdasarkan standar pengelolaan Kompasiana.
  • Jika berhasil masuk 30 besar konten terbaik selama 3 bulan berturut-turut, ia akan berkesempatan mendapatkan 1 voucher gratis menginap selama semalam di jaringan Hotel Cordela se-Indonesia.
  • Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat
  • Pemenang akan diumumkan setiap bulan. Paling lambat 10 hari kerja setelah bulan tersebut berakhir.

APRESIASI

  • Bulanan: 30 Sertifikat Digital bagi 30 konten terbaik.
    3 Bulanan: 1 Voucher menginap 1 malam di Jaringan Hotel Cordela untuk 1 orang pemenang yang berhasil masuk dalam 30 konten pilihan bulanan selama 3 bulan berturut-turut dan dianggap paling unggul di antara kandidat berpeluang yang lain.
  • Hadiah akan dikirimkan 10 hari kerja setelah pemenang diumumkan. Sertifikat akan didistribusikan ke email yang terdaftar di Kompasiana.
  • Nama yang ditulis pada sertifikat adalah nama lengkap seperti yang disertakan dalam data diri Kompasiana.
  • Kompasiana berhak meminta bukti bahwa pemenang adalah pelajar/mahasiswa aktif dengan melampirkan foto Kartu Pelajar/Mahasiswa melalui email pada saat mengonfirmasikan kemenangan.
  • Segala pelanggaran atas aturan kompetisi dapat menyebabkan pemenang didiskualifikasi.

Hnah... Kamu yang pelajar dan mahasiswa, sudah merasa tertantang belum? Nanti sertifikatnya bisa buat modal (1) Nyalonin jadi mahasiswa berprestasi atau (2) Ngelamar pacar, lho. Waokwkwkwkw...

Cuss dah dicoba. Jangan lupa rajin-rajin baca Headline di Kompasiana biar tahu gimana caranya bikin konten yang meski sangat akademis, tapi bagus, nggak melanggar, dan nggak ngebosenin buat orang. Buat para guru, dosen, orangtua, yuk sebarkan info ini ke para pelajar, keponakan, cucu, anak murid, atau anak tetangga! Ditunggu karyanya!

Infografis untuk panduan siswa
Infografis untuk panduan siswa

Infografis untuk Tenaga Pengajar
Infografis untuk Tenaga Pengajar

Untuk 30 konten terbaik bulan Mei 2020 bisa dilihat di sini, Juni 2020 di sini.