Event

Bantu Pahlawanmu Menghidupi Orang di Sekitarnya!

06 Agustus 2020 15:52:07 Diperbarui: 03 September 2020 06:33:11 1194

Hari

Jam

Menit

Detik

Sudah Berakhir
Bantu Pahlawanmu Menghidupi Orang di Sekitarnya!
Dayakan UMKM | Tim Kreatif Kompasiana

Di Indonesia, UMKM memegang peranan penting bergeraknya roda perekonomian nasional. Sensus BPS tahun 2016 mencatat UMKM menyerap 89,2 persen tenaga kerja, menciptakan 99 persen dari total lapangan pekerjaan, serta menyumbang 60,3 persen PDB nasional. Terutama pada masa-masa pandemi, UMKM membantu masyarakat mengakses kebutuhan sehari-hari tanpa harus berpergian jauh, dengan harga yang lebih terjangkau.

Kini setelah memasuki pandemi bulan keempat, persaingan UMKM terasa kian berat. Wajar, banyak kalangan memilih untuk banting setir membuka usaha untuk menyambung hidup lantaran kena PHK. Padahal per Agustus 2019 saja, jumlah pekerja informal sudah mencapai 70,4 juta orang, jauh melampaui angka pekerja sektor formal. Apalagi setelah Covid-19 merebak. Perlu strategi cerdik supaya dagangannya diketahui publik.

Kompasianer, apakah kamu mengenal sosok pelaku usaha dan UMKM yang inspiratif? Di bulan kemerdekaan ini, inilah saatnya kita membantu UMKM menghidupi keluarga, karyawan, dan komunitasnya dengan menuliskan kisah heroik mereka di Kompasiana. Sekaligus, mempublikasikan dan endorse usahanya supaya berdaya menghadapi persaingan di medium digital. Yuk simak dulu ketentuannya!

SYARAT & KETENTUAN

  • Kreator Konten telah terdaftar sebagai anggota Kompasiana. Jika belum terdaftar, silakan registrasi terlebih dahulu di Kompasiana.com.
  • Akun Kreator Konten/Kompasianer yang sudah tervalidasi akan diprioritaskan menjadi pemenang.
  • Tulisan bersifat baru, orisinal (bukan karya orang lain atau hasil plagiat), dan tidak sedang dilombakan di tempat lain.
  • Konten tulisan tidak melanggar Tata Tertib Kompasiana. Larangan untuk mengunggah konten beriklan dan promo tidak berlaku bagi konten yang diikutkan dalam Blog Competition ini, selama konten tersebut memenuhi kriteria pada halaman ini.
  • Setelah tayang, Tim Moderator akan memberlakukan kunci artikel pada artikel lomba kamu. Setelah dikunci, Kamu tidak dapat melakukan perubahan apapun pada artikel tersebut. Hal ini diberlakukan demi menjaga sportivitas para peserta. Informasi lebih lengkap baca di sini.

MEKANISME

  • Blog Competition "Dayakan UMKM" adalah bakti Kompasiana dan Pasangiklan.com* untuk UMKM se-Indonesia, dalam rangka mengadvokasi UMKM lokal memasarkan produknya.
  • Tema Blog Competition "Dayakan UMKM": Daya Juang UMKM, Menghidupi Kita Semua
  • Kompasianer dipersilakan mengulas profil UMKM atau sosok insipiratif di balik merek UMKM yang dikenalnya. Bentuk artikelnya adalah feature (reportase yang disampaikan dengan sudut pandang personal dan populer). Contohnya dapat dilihat di sini.
  • Kompasianer diizinkan untuk menggunakan bahasa yang persuasif soft selling untuk membeli produk tersebut.
  • Kompasianer tidak diperkenankan memasukkan tautan (hyperlink) website, media sosial, maupun marketplace tempat berjualan UMKM ke dalam konten. Meski demikian, Kompasianer diizinkan menyebutkan nama toko, username di marketplace, alamat, nomor telepon, email, dan identitas lainnya, di dalam konten.
  • Bila konten yang ditulis tergolong hard sale (sekadar beriklan tanpa mengangkat sosok inspiratif atau profil UMKM yang diangkatnya), maka konten tersebut akan dianggap melanggar S&K Kompasiana dan dihapus.
  • Periode:  6 Agustus - 2 September 2020
  • Tulisan tidak lebih dari 1.500 kata
  • Kompasianer wajib mencantumkan label Dayakan UMKM (dengan spasi) pada setiap konten
  • Kompasianer dan UMKM yang ditulis wajib follow Instagram Pasangiklan.com
  • Tulisan yang tidak sesuai dengan ketentuan dan tema lomba tidak bisa diikutkan kompetisi
  • Setiap Kompasianer boleh mengirimkan lebih dari 1 tulisan untuk UMKM yang sama maupun berbeda
  • Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat

 KRITERIA SOSOK & UMKM YANG DIIZINKAN DIULAS:

  • Objek yang diulas adalah UMKM Indonesia atau sosok pelaku usaha berkewarganegaraan Indonesia.
  • Untuk mengetahui definisi UMKM, cek link ini
  • Sosok yang diulas adalah milik orang lain, bukan usaha sendiri. Bila terjadi kecurangan seperti sengaja menulis usaha sendiri lalu meminta orang lain sekadar menayangkan tulisan, dsb, Tim Kompasiana dan Pasangiklan.com berhak untuk menghapus konten tersebut dan membatalkan kemenangannya. Verifikasi mungkin diperlukan.
  • Bidang usaha:
    - Garmen dan Kriya (pakaian, masker kain, kerajinan tangan, dsb)
    - Pangan dan F&B (hasil pertanian, makanan jadi, minuman, katering, jual bahan masak, dsb)
    - Jasa (penjahit, housekeeper, transportasi, travel, pemandu wisata, desainer grafis, dsb)
    - Retail (toko kelontong, pernak-pernik, kios pasar, jastip, perkakas, dsb)
  • Tidak diperkenankan menulis tentang bidang usaha ilegal, melanggar hukum, obat-obatan/kosmetik/suplemen tanpa PIRT/BPOM yang membahayakan konsumen, bernuansa/bertujuan seksual, berisiko (jasa investasi, agen judi, minuman beralkohol,dsb).
  • Produk obat-obatan/kosmetik/suplemen buatan rumahan wajib menuliskan nomor PIRT dan register BPOM pada bagian bawah konten. Jika terbukti tidak terdaftar, konten akan dianggap melanggar dan dihapus.
  • Produk yang dijual oleh sosok/UMKM harus diproduksi sendiri dan/atau resell. Tidak diizinkan mengulas usaha yang produknya dipasarkan dari model pemasaran berjenjang (MLM) multinasional.

HADIAH**

  • 1 Konten Terbaik mendapatkan:
    Sponsored Content Headline di Kompasiana selama 24 jam (senilai Rp 17.500.000) + Voucher beriklan melalui Pasangiklan.com senilai Rp 1.000.000 (atau sama dengan2000 klik++), dan diangkat dalam "Konten Inspiratif" di Instagram Pasangiklan.com

  • 4 Konten Pemenang Hadiah Hiburan masing-masing mendapatkan:
    Voucher beriklan melalui Pasangiklan.com senilai @Rp 500.000 (atau sama dengan 1000 klik++) + Penayangan konten beriklan di Instagram Feed Kompasiana selama 7 hari, dan diangkat dalam "Konten Inspiratif" di Instagram Pasangiklan.com

* Pasangiklan.com merupakan platform pemasangan iklan mandiri (self-service adplatform) yang ditujukan bagi para pemilik usaha untuk memasarkan produk dan jasanya di grup Kompas Gramedia. Para pemilik usaha dapat memasang iklan dengan mudah dan terjangkau di media digital, media cetak, maupun akun sosial media. Lihat lebih lengkapnya di website Pasangiklan.com

** Hadiah hanya dapat digunakan oleh UMKM/Sosok Inspiratif yang diulas dalam konten Kompasianer yang dinyatakan sebagai pemenang.