Event

[A to Z Kompasiana] Diaspora Kompasiana Wartakan Kisah dari Mancanegara

12 Oktober 2020 16:00:00 Diperbarui: 13 Oktober 2020 09:24:14 243

Hari

Jam

Menit

Detik

SUDAH BERAKHIR
[A to Z Kompasiana] Diaspora Kompasiana Wartakan Kisah dari Mancanegara
Dok. Kompasiana

Ada banyak pertimbangan ketika membuat sebuah konten. Bagi sebagian orang yang sudah akrab dengan objek yang ditulis, tentu saja aktivitas membuat konten terasa begitu mudah. Langsung mengalir, seperti menulis diary dan menceritakan sahabat lama.

Tapi bagaimana jika yang ditulis adalah tentang negara asing? Budaya, kebiasaan, dan situasi di mancanegara. Tentu ada beberapa tambahan pertimbangan yang perlu diperhatikan.

Sebelumnya, A to Z telah berbagi kiat konsisten berjejaring bersama Kompasianer yang telah menulis 5.000 lebih konten. Nah, untuk sesi kali ini, kita akan berbagi cerita bersama Kompasianer yang tinggal di luar negeri (Diaspora Kompasiana), tentang aspek apa saja yang perlu diperhatikan dari pengalamannya saat membuat konten di lain negara dan budaya. Siapa saja mereka? Nama-namanya tentu sudah familiar dikalangan Kompasianer.

Gaganawati Stegmann, saat ini berdomisili di Jerman. Tulisannya dengan beberapa Kompasianer lain yang pernah tinggal dan menetap di luar negeri dimuat dalam buku "Kami Tidak Lupa Indonesia". Pernah menerima 2 Award dari Dubes LBBP RI (Hongaria) tahun 2017. Selain itu, ia juga aktif berkomunitas di KOTEKA. 

Selanjutnya, ada Weedy Koshino. Bergabung di Kompasiana sejak 17 Oktober 2013, lewat tulisan ia kerap menceritakan tentang seluk beluk parenting, kehidupan berkeluarga, serta wisata di Negeri Matahari Terbit. Dari tulisannya juga, telah terbit setidaknya 4 buku tentang Jepang.

Untuk mengikuti A to Z bersama Kompasianer sesi ini, kamu bisa langsung klik tombol daftar yang ada di bagian atas berita pengumuman. Setelah terpilih, kamu akan mendapatkan email selanjutnya yang berisi link streaming sesi tersebut.

Acara ini hadir setiap Kamis sore dari akhir Juli sampai Oktober 2020, dengan tema, pembahasan, dan Narasumber yang berbeda setiap episodenya. Pantengin terus infonya, ya!