Event

Eksplorasi Solusi untuk Capai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Kompasianival 2023

22 November 2023 07:10:16 Diperbarui: 22 November 2023 10:37:32 412

Hari

Jam

Menit

Detik

SUDAH BERAKHIR
Eksplorasi Solusi untuk Capai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Kompasianival 2023
Dok. Kompasiana

Jika Kompasianer perhatikan, setidaknya ada 5 poin dari 17 tujuan SDGs yang menitikberatkan kepada kelestarian lingkungan. Di antaranya adalah; air bersih dan sanitasi, energi bersih, penanganan perubahan iklim, ekosistem laut, dan ekosistem daratan.

Bukannya tanpa alasan Indonesia menyandang predikat sebagai Negara Maritim, Negara Agraris, dengan biodiversitas terbanyak dan garis pantai terpanjang nomor 2 sedunia. Indonesia juga menyimpan ragam potensi sumber energi terbarukan yang berlimpah.

Semua keberlimpahan di atas sudah sepatutnya dikelola optimal guna kedaulatan pangan, energi, dan ekonomi. Meski demikian, upaya ini memerlukan kemampuan tata kelola baik sehingga mampu menghadapi tantangan internal maupun eksternal. Seperti ancaman iklim, keamanan, dan sebagainya.

Di Kompasianival 2023 bertema "Sustaination", kita akan menyaksikan aksi nyata pembangunan berkelanjutan dari Pj Bupati Tanah Laut, Ir. Syamsir Rahman, MS dan Pushidrosal TNI Angkatan Laut*

Pj Bupati Tanah Laut, Ir. Syamsir Rahman, MS akan berbagi wawasan mengenai strategi penanganan El Nino dan pelibatan masyarakat dalam ekonomi berkelanjutan. Sedangkan Pushidrosal* akan berbincang mengenai peran TNI AL dalam upaya menjaga kondusifitas wilayah perairan dalam upaya optimalisasi ekonomi kelautan (blue economy) serta dampaknya terhadap kedaulatan. 

Tertarik untuk ikut sesinya, yuk simak rincian acaranya:

  • Tema: Bersinergi dengan Alam untuk Mewujudkan Kedaulatan dan Kesejahteraan Masyarakat*
  • Hari/Tanggal: Sabtu, 25 November 2022
  • Waktu: 16.20 - 17.50 WIB
  • Tempat: Bentara Budaya Jakarta
  • Pemateri:  
    • Pushidrosal* 
    • Ir. Syamsir Rahman, MS -- Pj. Bupati Tanah Laut

Ayo. segera daftarkan diri kamu di situs resmi Kompasianival 2023, dan pantau terus informasi selanjutnya DI SINI ya. 

Sampai ketemu di Bentara Budaya Jakarta! (LKE/GIL)

***

*to be confirmed