Event Komunitas Online

Blogshop Bersama KPB dan Tribun Timur.com: Menulis Artikel Politik yang Bernas dan Wawas

01 Februari 2021 22:57:40 Diperbarui: 02 Februari 2021 14:42:30 418

Hari

Jam

Menit

Detik

Sudah Berakhir
Blogshop Bersama KPB dan Tribun Timur.com: Menulis Artikel Politik yang Bernas dan Wawas
Gambar dari sumber: properti KPB. (Desain oleh Andri Sonda, Manna Creative Design, Makassar)

Politik senantiasa menarik untuk dibahas, dikaji, diulas, dan diberitakan secara aktual. Dengan anggota yang berjumlah lebih dari 720 ribu orang, Kompasiana menyediakan ruang untuk menuliskannya.

Selama Januari-November 2020, blog jurnalis warga itu telah menayangkan 211.358 artikel dengan 630.240.859 pageviews. Sebanyak 21,8% di antaranya mengisi kanal Politik dengan sub-kategori: Pemerintahan, Birokrasi, Keamanan, dan Hukum. (Selengkapnya dapat dibaca di Kaleidoskop Kompasiana).

Sidang pembaca menanggapi karya tulis citizen journalist itu, disebut Kompasianer, dengan berbagai penilaian: aktual, menarik, bermanfaat, unik, atau dianggap tidak menarik. Pada tiap-tiap artikel pun Kompasiana menyematkan label Pilihan, Artikel Utama, bahkan penghapusan dengan alasan tertentu.

Beranjak dari kenyataan tersebut, maka Komunitas Penulis Berbalas (KPB) hendak mengadakan lokakarya mengenai seluk-beluk menulis artikel politik. 

Para pakar yang kompeten dihadirkan dengan harapan, memberikan pencerahan tentang kerangka dan kisi-kisi menulis artikel politik secara bernas, penuh wawasan, dan berjalan pada koridornya.

Kegiatan

Bekerjasama dengan Tribun-Timur.com dan Comunicasting Academy  serta dipandu oleh anchor TV Berita Satu, Donny De Keizer, KPB mengundang Profesor DR. Gun Gun Heryanto, M.Si., seorang Pakar Komunikasi Politik dan Direktur Eksekutif The Political Institute.

Gun Gun Heryanto, dosen yang enggan disematkan gelar di dalam forum non-akademik itu akan memberikan gambaran tentang apa yang seharusnya dilakukan oleh warga jurnalis dalam menulis artikel politik dengan kemasan populer.  Beliau akan didampingi oleh Elang Salamina (Kompasianer Terpopuler nomor 1 tahun 2020) dan Fery Widiatmoko (Kompasianer Terpopuler nomor 2 tahun 2020).

  • Tema yang diusung: Menulis Artikel Politik Populer yang Bernas dan Wawas.
  • Tanggal acara: 4 Februari 2021, pukul 13.00 WIB.
  • Tempat (luring): SMK Studios,  Kantorkuu, Sudirman Citywalk Lt. 2, Jl. K.H. Mas Mansyur No. 121, Jakarta 10220.

Kompasianer dapat mengikuti Blogshop melalui Zoom (daring), dengan mengirimkan konfirmasi keikutsertaan kepada nomor WA 085100019292 agar memperoleh meeting ID.

Acara talkshow dapat diikuti melalui YouTube channel Tribun Timur: https://youtube.com/c/tribuntimur

Blogshop KPB bersama Tribun-Timur.com  dan Comunicasting Academy ini terselenggara berkat dukungan dari:

  1. Adanews
  2. Pepnews
  3. Secangkirkopibersama.com
  4. Jatimsatunews.online
  5. INTI Sulawesi Selatan

Penutup

Demi kelancaran, 30 menit sebelum acara dimulai, pembicara (luring} telah hadir di venue dan persiapan dilakukan.

Talk show KPB Bersama Tribun-Timur.com dan Comunicasting Academy akan menggugah pandangan dan memicu pemirsa untuk menulis artikel politik dalam kemasan populer yang bernas dan bersifat wawas.

Semua peserta tunduk kepada aturan protokol kesehatan.