Event Komunitas Online

Mari Gabung Zoom "Travel Pakai Kebaya? Bisa Banget!"

31 Agustus 2020 02:00:00 Diperbarui: 01 September 2020 05:23:38 59

Hari

Jam

Menit

Detik

Sudah Berakhir
Mari Gabung Zoom "Travel Pakai Kebaya? Bisa Banget!"
Jumpa Sabtu ini (dok.Koteka)

Kebaya adalah blus tradisional yang dikenakan oleh wanita Indonesia yang terbuat dari bahan tipis yang dipadukan dengan sarung, batik atau songket. Menggunakannya, tentu setelah memakai kemben sebagai penutup dada.

Menurut sejarah, para permaisuri atau selir raja pada masa kerajaan Majapahit sudah mulai memakai kebaya karena terlihat lebih sopan dibanding hanya memakai kain penutup dada, yang waktu itu sudah ada. Jadi bukan hanya karena alasan kesehatan, supaya tidak masuk angin.

Lalu menyusul masuknya Islam ke Indonesia, ada akulturasi budaya bahwa wanita Indonesia mulai memakai pakaian wanita yang sopan dan menutup aurat. 

Adopsi kebaya itu kemudian banyak dipakai Indonesia bagian barat seperti di Aceh, Riau dan Sumatra Utara. Ini menjadi bukti menangkis sebuah anggapan bahwa kebaya hanya untuk Jawa saja. Bedanya, modelnya agak panjang dan tidak transparan saja.

Seiring perkembangan zaman, kebaya pada masa sekarang telah mengalami berbagai perubahan desain. Pada umumnya, kebaya sering digunakan pada hari Kartini, pesta pernikahan dan wisuda. 

Sebagai traveler yang suka terbang pasti sering melihat kenyataan, kebaya juga digunakan sebagai seragam resmi beberapa maskapai penerbangan.

Adalah Rahmi Hidayati, ketua Perempuan Berkebaya Indonesia kelahiran Dumai dan pernah menjadi wartawan tabloid Wanita Indonesia tahun 1998. Ia sangat aktif menggalakkan pemakaian kebaya di Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Rupanya tak hanya dalam kehidupan sehari-hari, Rahmi memakai kebaya ketika ia travel keliling dunia bahkan sampai naik gunung. 

Kecintaannya terhadap aset budaya bangsa ini diharapkan dapat mendorong wanita lain untuk mengikuti jejaknya. Demi menambah kenyamanan dalam memakai kebaya di setiap suasana aktif, ia menciptakan kebaya kaos.

Poppy Karim juga termasuk salah satu perempuan Indonesia yang sangat lekat dengan dunia fashion Indonesia. Perempuan kelahiran Jakarta itu telah memulai kariernya sebagai desainer aksesoris tahun 2000.

Sejak 2006 Poppy mulai berani memantapkan dirinya sebagai seorang designer dengan menciptakan gaun-gaun serta kebaya cantik yang kini sudah banyak dipublikasikan di beberapa majalah fashion Indonesia.

Sederet nama selebritis juga mulai mempercayakan penampilan mereka pada rancangan Poppy Karim yang lebih dikenal dengan garis elegan dan modern ini. 

Permintaan untuk membuat gaun rancangannya pun mulai berdatangan, bahkan Poppy kini sudah banyak menangani uniform baik dalam skala perusahaan, partai hingga kenegaraan. 

Ketertarikannya pada budaya Indonesia yang begitu unik akhirnya membuat Poppy Karim mulai menarik kiblat rancangannya pada dunia kebaya, meskipun tidak menutup kemungkinan baginya untuk mendesain gaun-gaun yang cantik.

Berdasarkan program Kompasiana.com sebagai induk dari Komunitas Traveler Kompasiana, Koteka, kami ingin mendukung "Lawan corona pakai content" melalui kegiatan talk show ini.

Besar harapan Koteka supaya acara Kotekatalk berupa zoom ini akan menginspirasi para peserta yang akan hadir selama masa pandemi "new normal"/work from home, agar tetap melestarikan budaya bangsa sendiri dan semangat menjelajahi dunia serta berkarya sesuai passion masing-masing sampai kapanpun, tak ubahnya yang sudah dicontohkan oleh Rahmi Hidayati dan Poppy Karim.

Makanya, ikutan zoom Komunitas Traveler Kompasiana bertajuk "Travel pakai kebaya? Bisa banget!" ini bersama narasumber; Rahmi Hidayati - Ketua Perempuan Berkebaya Indonesia, Poppy Karim - Desainer kebaya dan moderator, Muslifa Aseani

  • Hari/Tanggal          : Sabtu, 5 September 2020
  • Jam                          : 16:00 - 17:00 WIB atau 11:00-12:00 CEST
  • Lokasi                      : Zoom meeting
  • Bahasa pengantar    : Bahasa Indonesia

Sebelumnya, silakan daftar di sini. Pendaftaran akan memperingan tugas admin Koteka dalam tugas dokumentasi dan pembagian hadiah.

Iya, bagi yang beruntung, ada satu kebaya kaos dari Aura Kebaya dan 3 kaos bordir Poppy Karim, lho. Seru banget, kan.

Nah, tunggu apa lagi? 

Aduk lemari, barangkali ada kebaya yang bisa dikenakan. Jumpa Sabtu! (AG)