Eventkomunitasonline

Ayo, Mengembara ke Masjid-Masjid di Seluruh Dunia lewat Talkshow Koteka

08 September 2020 01:00:00 Diperbarui: 08 September 2020 07:49:02 45

Hari

Jam

Menit

Detik

Sudah Berakhir
Ayo, Mengembara ke Masjid-Masjid di Seluruh Dunia lewat Talkshow Koteka
dok. KOTEKA

Jika di Eropa, gereja sebagai tempat ibadah umat Kristen dan Katolik sekaligus menjadi tempat wisata yang menarik dan laris dikunjungi karena keindahan arsitektur dan dekorasinya, bagaimana dengan masjid?

Adalah Prof. Muliaman Darmansyah Hadad, PhD, alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1979 yang memulai karier pada tahun 1986 sebagai staff umum di kantor BI cabang Mataram. Beliau akhirnya menjadi Deputi Gubernur termuda pada saat itu.

Pada tahun 1990, beliau mengambil Pendidikan S2 John F Kennedy School of Government, Harvard University di AS dan meraih gelar Master of Public Administration pada 1991. Tahun 1996, bapak Muliaman mendapatkan gelar Doctor of Philosophy dari Faculty of Business and Economics Monash University, Australia.

Selama diangkat menjadi dubes Swiss sejak 20 Februari 2018, beberapa kali beliau diundang untuk menjadi tamu khusus masjid di Swiss. Selain itu, beliau pernah punya ide mendirikan masjid Indonesia di wilayah negara Swiss. Apa dan bagaimana gambaran masjid di mana beliau bertugas? 

Ada lagi Taufik Hidayat atau lebih dikenal dengan Taufik Uieks, yakni Kompasianer yang juga traveler dan penulis buku "Mengembara ke Masjid-Masjid di Seluruh Dunia" adalah saksi dari keindahan masjid-masjid di atas bumi ini.

Jebolan Kajian Timur Tengah dan Islam Pasca Sarjana Universitas Indonesia itu adalah seorang pengembara sejati dan inspirator itikaf di dalam baitullah. Ia akan menceritakan perjalanannya ke masjid-masjid dunia sampai menjadi sebuah buku. Salah satunya adalah "1001 Masjid di 5 Benua."

Berdasarkan program Kompasiana.com sebagai induk dari Komunitas Traveler Kompasiana, Koteka, kami ingin mendukung "Lawan corona pakai content" melalui kegiatan talk show . Kalian juga pasti ingin ikut berpartisipasi, kan.

Besar harapan Koteka supaya acara Kotekatalk bersama bapak Dubes RI Swiss dan pak Taufik melalui Zoom ini akan menginspirasi para peserta yang akan hadir selama masa pandemi "new normal"/work from home, agar tetap semangat menjelajahi dunia, rajin mengunjungi masjid dan berkarya sesuai passion masing-masing sampai kapanpun, tak ubahnya yang sudah dicontohkan oleh bapak dubes Muliaman dan pak Taufik Uieks sampai hari ini.

Oleh sebab itu,  kami mengundang Kompasianer untuk segera bergabung. Catat dalam kalender kalian acara zoom Koteka pada:

  • Hari/Tgl: Sabtu , 12 September 2020
  • Jam: 16:00 -- 17:00  WIB atau 11:00-12:00 CEST
  • Lokasi: Zoom Meeting
  • Daftar gratis: klik di sini
  • Giveaway: 3 buku Taufik Uieks
  • Live streaming: upradio.id 

Tuntutlah ilmu dan wawasan baru tentang masjid di seluruh dunia ini sampai ke zoom. 

Moderator Shanty Rosalia dari Up Radio Semarang akan setia memandu. 

Baiklah, kita ketemu besok Sabtu. (AG)