Event Komunitas Online

Simak Peringatan Hari Kartini di Hongaria dan Jerman Lewat Zoom Sabtu, Yuk!

30 Maret 2021 02:00:00 Diperbarui: 30 Maret 2021 09:59:33 655

Hari

Jam

Menit

Detik

Sudah Berakhir
Simak Peringatan Hari Kartini di Hongaria dan Jerman Lewat Zoom Sabtu, Yuk!
Mari tilik peringatan Kartini di EU (dok-Koteka)

April-April! Sebentar lagi April!

Apa yang ada di benak Kompasianer? Koteka? Hari Kartini tanggal 21 April dong dan tentu ....hari ulang tahun Koteka, 20 April!

Soal peringatan hari Kartini, apakah tahun ini berbeda dengan tahun-tahun yang lalu? Apa saja yang bisa kita lakukan selama memperingatinya? Bagaimana alternatif cara memperingatinya?

Peringatan hari Kartini selalu diperingati setiap tanggal 21 April setiap tahunnya. Perayaannya di sekolah-sekolah, kantor-kantor dan tempat umum menjadikan momentum untuk mengingat kembali gerakan wanita untuk memiliki kesempatan yang sama dengan kaum pria. Hal itu telah dimulai oleh RA.Kartini pada zaman Belanda, di mana ia mendapatkan pengaruh baik dari teman-teman wanitanya dari luar negerinya di masa itu. Emansipasi wanita.

Ternyata, peringatan hari Kartini tidak sekedar ditandai dengan memakai kebaya dan kain melainkan saat di mana setiap perempuan juga memaknai pula apa yang bisa dan telah dilakukan seorang sosok perempuan di dunia ini. Jika ada kesempatan, pasti semua perempuan bisa jadi apa saja.

Adalah Duta Besar RI Hongaria 2014-2018, Dra. Wening Esthyprobo Fatandari, M.A., yang kini telah kembali ke Jakarta. Contoh Kartini modern yang masih selalu ingin menginspirasi kaum wanita dengan segala kegiatan yang dilakukannya selama ini.

Lebih lanjut, beliau akan berbagi pengalaman tentang bagaimana gambaran memperingati hari Kartini selama menjabat sebagai dubes di Hongaria dan kesempatan mengisi acara Kartinian di Jerman, tepatnya di Museum Seitingen-Oberflacht, di mana pameran foto hasil lomba essay photo "Hari Kartini" Komunitas Traveler Kompasiana diselenggarakan pada tahun 2017.

Apa tanggapan dari masyarakat Eropa tentang peringatan Kartini ini? Apa saja yang dibagikan beliau selama hari itu? Bagaimana perasaan beliau menjadi perempuan Indonesia yang mengenalkan semangat Kartini di Eropa. Lebih dari itu, sebenarnya apa makna hari Kartini bagi beliau? Penganan apa yang disuguhkan pada hari Kartini di luar negeri?

Untuk menjawab itu, Komunitas Traveler Kompasiana bekerja sama dengan International Office UPGRIS Semarang sangat menantikan paparan beliau tentangnya. Perlu diingatkan, melalui talkshow ini, kami mendukung program Kompasiana.com, sebagai induk dari Komunitas Traveler Kompasiana, "Lawan corona pakai konten". Janji, meskipun di rumah saja, kita tetap mampu menimba ilmu bersama kami dan menambah jaringan kenalan dalam hidup ini.

Kami undang Kompasianer untuk menghadiri zoom bersama Dubes LBBP RI Hongaria 2014-2018, Dra. Wening Esthyprobo Fatandari, M.A.

  • Hari/Tgl                      : Sabtu , 3 April 2021
  • Jam                            : 16:00 -- 17:00  WIB (Jakarta) atau 10:00-11:00 CET (Berlin, Budapest)
  • Lokasi                        : Acara tersebut akan diselenggarakan oleh KOTEKA (Komunitas Traveler Kompasiana)  melalui Zoom dengan link Ony Jamhari dari SGPP di Bogor
  • Bahasa pengantar   : Bahasa Indonesia
  • Pendaftaran              : bit.ly/zoomingkoteka29
  • Giveaway                  : 3 paket produk UMKM D'Omah di Bogor


Tunggu apa lagi? Daftar segera, catat tanggalnya supaya tidak lupa, serap wawasannya dan raih hadiahnya. Jumpa Sabtu! (G76)