Event Komunitas Online

Sabtu Ini Kita ke Buenos Aires, Yuk!

18 Mei 2021 13:38:00 Diperbarui: 20 Mei 2021 22:45:39 728

Hari

Jam

Menit

Detik

Sudah Berakhir
Sabtu Ini Kita ke Buenos Aires, Yuk!
Sabtu ini kita ke Buenos Aires (dok.Koteka)

Minggu lalu, Komunitas Traveler Kompasiana lewat zoom mingguan, sudah mengajak kalian ke San Jose, Amerika untuk bertemu youtuber Siska Al Channel, yang menceritakan tentang suka duka berpuasa dan berlebaran di sana. 

Semoga ini menginspirasi semuanya. Selamat bagi semua peserta yang hadir, akan mendapatkan kiriman kartu pos dari narasumber yang punya nama asli, Siska Alfallah Kessinger. Ditunggu alamat lengkap kalian yang hadir di email koteka; kotekakompasiana@gmail.com.

Berita baik berikutnya, Sabtu minggu ini, kita akan berbondong-bondong ke Buenos Aires! Eh, di mana itu? Ya, betul, Argentina! Apa yang ada di benak kalian mendengar nama negara itu? Diego Maradona?

  • "Don't cry for me Argentina" lagunya si Madonna?
  • Tarian Tango yang seksi?
  • Kota Buenos Aires yang romantis?
  • Rumah bagi spesies Dinosaurus tertua di dunia, Argentinosaurus?
  • Negara pertama pengguna sidik jari?
  • Atau karena orang Argentina suka mencium?

Ternyata, selain ciri khas di atas, Argentina adalah negara yang mendorong kerjasama di sektor pariwisata dengan negara kita. Potensi pariwisata yang besar memerlukan dorongan termasuk kemudahan akses. 

Argentina ingin memperbaiki sistem visa supaya arus orang Indonesia dan Argentina yang saling mengunjungi bisa semakin meningkat. Ini menjadi harapan baru bagi traveler, khususnya yang bergabung dalam Koteka. Argentina akan menjadi destinasi wisata menawan, yang mudah diakses. Nanti kalau sudah  bebas visa, kita rame-rame ke sana, Koteka trip!

Berkaitan dengan situasi pandemi, kita jadi ingin tahu bagaimana situasi dan kondisi aktual di Argentina, Paraguay dan Uruguay? Ada berapa WNI yang terpapar di sana? 

Apa saja aturan dari kedua negara yang dibuat berkenaan dengan pandemi? Bagaimana kinerja KBRI di sana sehubungan dengan isu pandemi? Apakah masih ada wisatawan yang berkunjung ke sana selama pandemi?

Untuk menjawab itu semua, Komunitas Traveler Kompasiana mengundang diplomat RI nomor satu di Argentina yang berkompeten tentang ini untuk memaparkannya, ibu Dubes LBBP RI untuk Argentina, Paraguay dan Uruguay, H.E. Ms. Niniek Kun Naryatie.

Mengingat Argentina memiliki tujuan wisata menarik seperti Buenos Aires, menjadi sebuah kesempatan emas juga untuk mengetahui lebih jauh tentang gambaran keindahan ibu kota itu dalam zoom Koteka.

Melalui talkshow ini, Koteka bekerjasama dengan International Office UPGRIS Semarang, turut mendukung program Kompasiana.com (sebagai induk dari Komunitas Traveler Kompasiana), "Lawan corona pakai konten."

Besar harapan Koteka supaya acara Kotekatalk berupa zoom ini akan menginspirasi para peserta yang akan hadir selama masa pandemi "new normal"/work from home, agar tetap menjaga protokol kesehatan dan semangat menjelajahi dunia serta berkarya sesuai passion masing-masing sampai kapanpun, tak ubahnya yang sudah dicontohkan oleh ibu dubes dan dipandu moderator Gana Stegmann -- Kompasianer of the year 2020 yang juga admin Koteka pada:

  • Hari/Tgl                     : Sabtu , 22 Mei 2021
  • Jam                               : 16:00 -- 17:30  WIB (Jakarta), 11.00-12.30 CEST (Berlin) atau 06.00 -07.30 Buenos Aires
  • Lokasi                         : Acara tersebut akan diselenggarakan oleh KOTEKA (Komunitas Traveler Kompasiana)  melalui Zoom Ony Jamhari dari SGPP di Bogor
  • Bahasa pengantar : Bahasa Indonesia
  • Pendaftaran             : bit.ly/zoomingkoteka36
  • Hadiah                        : 2 buku Gigih Pustaka Mandiri

Menarik sekali, bukan? Jadi, jangan ketinggalan ya. Nah, jika sudah mendaftar, masukkan jadwal ke dalam kalender supaya tidak lupa. Karena kuota hanya 100 orang, mohon hadir lebih awal supaya bisa masuk dan jangan lupa matikan microphone.

Jumpa Sabtu. (AG)