Event Komunitas Online

Mengejar Galaksi Bima Sakti Bersama Gregg Jaden dari Kanada, Yuk!

26 Mei 2021 00:00:00 Diperbarui: 26 Mei 2021 03:54:05 528

Hari

Jam

Menit

Detik

Sudah Berakhir
Mengejar Galaksi Bima Sakti Bersama Gregg Jaden dari Kanada, Yuk!
Mengejar Galaksi Bimasakti bersama Gregg Jaden (Dok.Koteka)

Sabtu kemarin Komunitas Traveler Kompasiana telah mengajak kalian ke Buenos Aires untuk bertemu dengan Duta Besar LBBP RI untuk Argentina, Paraguay dan Uruguay. 

Tema yang dibahas seputar pandemi di negara tempat H.E. Niniek Kun Naryatie bertugas dan seputar keindahan Buenos Aires telah memberi wawasan, ide dan motivasi bagi kita semua untuk tetap menjaga kesehatan dan semangat untuk melakukan aktivitas, termasuk jalan-jalan. 

Hanya saja, masa pandemi ini harus selalu waspada dan ekstra hati-hati. Para wanita di Kompasiana, mari mencontoh ibu dubes sebagai salah satu wanita Indonesia. Maju!

Kesempatan 1001 bertatap muka langsung dengan seorang diplomat yang dikirim ke negara asing memang luar biasa. Tanpa aturan protokoler dan birokrasi rumit, kita semua bisa dengan santai berdialog dengan beliau. Terima kasih kepada ibu dubes yang shubuh-shubuh telah bersedia hadir untuk berbagi dan dukungan tim KBRI Buenos Aires. Semoga membawa berkah bagi semua.

Bagi yang ketinggalan acara minggu lalu, tenang, ada rekamannya di akun youtube Koteka. Tunggu, ya.

Nah, Sabtu ini belum ada acara? Koteka ingin berkelana ke angkasa. lho. Iya, menyaksikan galaksi bima sakti. Sudah pernah? Mari merapat.

Sebelumnya, masih ingat dengan Gregg Jaden dari Kanada yang tinggal di Amerika Serikat? Pria itu pernah menjadi narasumber zoom 15 Koteka pada 12 Desember 2020 yang lalu, membahas "Wonderful Indonesia: Gregg's Journey and Photography as a Business." Rekamannya bisa kalian lihat di youtube Koteka.

Sabtu ini, Gregg akan kembali berbagi tentang salah satu pengalaman hebohnya, yakni  memotret dan membuat video galaksi Bima Sakti.

Duluuuu sekali, kalian pasti sudah pernah menatap bintang di langit. Mungkin waktu ikut pramuka, acara api unggun gitu, deh. Barangkali saja waktu naik gunung, sembari menanti matahari terbit, menatap bulan dan bintang di atas sana. Atau ketika ada yang sedang wakuncar alias apel hari Sabtu malam Minggu, duduk di luar berdua sambil menatap langit. Romantis banget.

Di atas sana itu kalau langit cerah dan tidak banyak lampu, ada rasi bintang yang sangat indah terlihat mempesona. Eh, bagi kalian yang tertarik dengan astronomi, ilmu perbintangan, ada yang pernah ke planetarium?

Masih ngobrol tentang benda di langit, kalian tahu apa itu Bimasakti? Galaksi spiral yang besar, di mana terdapat tata surya tempat planet bumi beredar mengelilingi matahari! 

Matahari hanya salah satu dari 200-400 miliar bintang yang membentuk galaksi bima sakti, dan letaknya pun tidak di tengah tapi di pinggir. Jadinya, dari bumi, galaksi terlihat seperti kabut putih kelabu memanjang mengitari busur langit dengan bagian tengah terdapat alur gelap. Kabut itu sendiri sebenarnya adalah bintang-bintang yang banyak dan rapat, debu dan gas angkasa yang terperangkap dalam piringan orbit.

Tata surya butuh waktu sekitar 225-250 juta tahun dengan kecepatan 217 km/jam untuk menyelesaikan satu putaran orbit mengelilingi pusat galaksi.

Bagaimana rasanya memandangi keajaiban alam semesta ini? Di mana bisa melihatnya? Alat apa saja yang harus dipersiapkan? Mengapa mengejar Bima Sakti ini sangat menegangkan? Bagaimana gambaran klip video Milky ways? Gregg akan mengupas semuanya dalam 1,5 jam talk show.

Selain itu, moderator Gana Stegmann ingin menjodohkan Sutradara muda Indonesia dengan pembuat film internasional si Gregg ini. Siapa tahu cocok, bisa dilamar, kan? Bikin film kolaborasi! Mak comblangnya pasti ikut ketiban rejeki.

Andra Fembrianto pernah menjadi tamu kita bersama sang istri, Grace Tan-Johannes. Waktu itu berbagi tentang "Wonderful Indonesia: Serunya Bertualang Keliling Indonesia." Andra akan berbagi sekilas tentang trailer film terbarunya "Cipak-Cipuk" sebuah kayalan pendeknya bekerja sama dengan Studio Amarana, Orro Animation, Visi8 Studio, Elwin Elwin Hendrijanto, Studioomrey dan Komunitas Film Kupang.

Animasi pendek ini berkisah tentang kakak-adik anak-anak segara yang perlu belajar bekerja sama untuk melawan bajak laut. Seru, ya? Bangga juga dengan karya anak bangsa. Mari kita dukung sama-sama. Mau nonton klipnya juga? Boleh. Caranya, hadir, yuk, dalam zoom Koteka pada:

  • Hari/Tanggal: Sabtu/ 29 Mei 2021
  • Pukul:                 16.00-17.30 WIB (Jakarta), 11.00-12.00 CET (Berlin) atau 2-3.30 MST (Ottawa)
  • Tema:                 "Gregg's Experience: Finding Milky Ways."
  • Tempat:             zoom meeting (link Ony Jamhari -- SGPP Bogor)
  • Bahasa:              Inggris dengan terjemahan Bahasa Indonesia seperlunya
  • Pendaftaran:   bit.ly/zoomingkoteka37
  • Hadiah:              2 pulsa telepon @ Rp 100 K dan kartu pos edisi khusus Gregg Jaden

Keren sekali, kan. Teman-teman yang tertarik astronomi, traveling, bahasa Inggris, fotografi maupun filmografi, ayo ...mumpung hadir para ahlinya, jangan sia-siakan kesempatan ini. Dijamin cetar, deh. 

Jumpa Sabtu. Kita nge-date! (AG)