Event Komunitas Online

Ayo, Menulis Buku Travel "Wonderful Indonesia" Bersama Koteka

22 Desember 2021 05:20:00 Diperbarui: 24 Desember 2021 03:42:02 218

Hari

Jam

Menit

Detik

Sudah Berakhir
Ayo, Menulis Buku Travel "Wonderful Indonesia" Bersama Koteka
Indahnya Indonesia (dok.Koteka)

Hi, everyone, apa kabar? 

Nggak terasa tahun 2021 kita akan tutup dengan Kotekatalk-68 pada tanggal 25 Desember 2021. Berarti sudah nggak terasa 1,5 tahun Koteka tak henti menjamu kalian yang di rumah saja selama pandemi. 

Terima kasih, kepada semua peserta yang setia, sponsor dan tentunya guest speakers. Khusus untuk link dari SGPP Bogor atau  mas Ony Jamhari juga masih ngegas. Awesome.

Sudah ada narasumber dari KBRI, universitas, komunitas, individu dan tokoh masyarakat yang telah kita undang dan membagikan ilmu serta wawasannya sampai puas berdikusi dengan kita semua. Temanya pun beragam dari nasional sampai internasional.

Nah, salah satu tema yang menarik, yakni "Wonderful Indonesia" akan kita angkat sebagai tema Proyek buku Koteka tahun ini. Proyek yang mangkrak sejak tahun kapan itu harus direalisir. Ayo, semangat.

Kotekasianer, ngomong-ngomong, tahukah kalian bahwa keindahan Indonesia promosinya sedang digalakkan di 10 tempat wisata? Betul, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI memberikan judul "10 Destinasi Wisata Prioritas Indonesia 2021".

Program "10 Bali Baru" itu dicanangkan pemerintah supaya destinasi yang termasuk di dalamnya, tak hanya menjadi daya tarik wisatawan saja, namun juga menumbuhkan ekosistem ekonomi kreatif yang melibatkan warga setempat.

10 destinasi yang dimaksud tersebut, terdiri dari:
1. Mandalika (Nusa Tenggara Barat)
2. Pulau Morotai (Maluku Utara)
3. Tanjung Kelayang (Kepulauan Bangka Belitung)
4. Danau Toba (Sumatera Utara)
5. Wakatobi (Sulawesi Tenggara)
6. Borobudur (Jawa Tengah)
7. Kepulauan Seribu (DKI Jakarta)
8. Tanjung Lesung (Banten)
9. Bromo (Jawa Timur)
10. Labuan Bajo (Flores)

Sudah pernah ke salah satu destinasi tersebut di atas? Apa yang menarik dari sana? Ada pengalaman unik selama mengunjunginya? Berapa bea yang dibutuhkan? Bagaimana caranya ke sana? Apa yang harus ditingkatkan supaya obyek wisata itu benar layak direkomendasikan pada dunia internasional?

Belum? Hendak berkunjung ke sana? Gemes, kan.

Ya sudah, Koteka ingin mengajak traveler dalam menuliskan kisah jalan-jalan ke salah satu dari 10 destinasi tersebut. Kalau ingin gabung proyek buku "Wonderful Indonesia: 10 Destinasi Wisata Prioritas Indonesia"  perhatikan informasi di bawah ini:

SYARAT DAN KETENTUAN
1. Peserta telah terdaftar sebagai anggota Kompasiana. Jika belum terdaftar, silakan registrasi terlebih dahulu di Kompasiana.com
2. Menulis tulisan bertema "Wonderful Indonesia: 10 Destinasi Wisata Prioritas Indonesia" di Kompasiana.com.
3. Setiap peserta boleh mengirimkan cerita lebih dari satu asal destinasinya berbeda.
4. Tulisan/konten bersifat baru, orisinal (bukan karya orang lain atau hasil plagiat), dan tidak sedang dilombakan di tempat lain.
5. Tulisan merupakan kisah pengalaman pribadi.
6. Konten tidak melanggar Tata Tertib Kompasiana.

MEKANISME
1. Kategori Tulisan Wajib Pada Kategori "Travel" yang merupakan bagian rubrik "Wisata."
2. Tulisan tidak lebih dari 1500 kata.
3. Foto yang disematkan dalam tulisan adalah milik pribadi. (Untuk pencetakan buku nanti, dibutuhkan kualitas foto 300 dpi).
4. Peserta wajib mencantumkan semua label dalam artikel: Komunitas Traveler Kompasiana, Wonderful Indonesia, 10 Destinasi Wisata Prioritas Indonesia
5. Tulisan ditayangkan mulai tanggal 22 Desember 2021 - 31 Januari 2022.
6. Kompasianer wajib follow akun Instagram, Facebook @KOTeka (Komunitas Traveler Kompasiana), Twitter (@kotekasiana), Instagram (@kotekasiana) dan Kompasiana milik Komunitas Traveller Kompasiana (www.kompasiana.com/kotekasiana).
7. Kompasianer wajib share artikelnya ke salah satu media sosial masing-masing (Twitter, Instagram atau Facebook) dan mention ke akun Koteka dengan hestek #Komunitastravelerkompasiana, #wonderfulindonesia, #10destinasiwisataprioritasindonesia #bukukoteka
8. Peserta wajib mendaftarkan diri dengan mengisi formulir pendaftaran di bit.ly/Bukukoteka untuk pendtaan dan komunikasi di kemudian hari sehubungan dengan penerbitan buku.
9. Tulisan yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan masuk dalam penjurian.
10. Penyeleksian dilakukan Admin Koteka dan keputusan tidak dapat diganggu gugat.
11. Masing-masing penulis yang tulisannya akan dibukukan, nanti akan mendapatkan satu eksemplar.
Tunggu apa lagi. Siapkan kenangan manis untuk dibukukan. Cek folder di mana foto-fotonya akan diperlukan.

Habis traveling, terbitlah tulisan. Jika sudah keliling, jangan banyak alasan. Ditunggu!!!
Salam Koteka. (GS)