Event Komunitas Online

Simak Pengalaman Gio ke Kyiv dan Chernobyl, Ukraina Tahun Lalu

15 Maret 2022 00:00:00 Diperbarui: 16 Maret 2022 15:25:00 393

Hari

Jam

Menit

Detik

Sudah Berakhir
Simak Pengalaman Gio ke Kyiv dan Chernobyl, Ukraina Tahun Lalu
Sabtu ini kita jalan-jalan bersama Giorgio ke Ukraina (dok.Koteka)

Hallo, everyone!

Apa kabar? Tetap sehat dan bahagia?

Sabtu lalu, Komunitas Traveler Kompasiana sudah mengajak kalian ke Oberbayern, Jerman untuk melihat gambaran keindahan alam yang seperti negeri dongeng; hamparan salju, pepohonan, ski dan danau! Bagi orang Indonesia ini pasti istimewa. Melihat pemandangan yang nggak bakalan ada di Indonesia yang hanya punya dua musim bukan empat seperti di Eropa (Jerman).

Chaeriyah Nur Buehrer sudah bercerita banyak tentang pengalamannya berlibur ke sana.  Ia juga menerangkan bagaimana caranya menjadi perawat dari program Ausbildung atau akademi. 

Ia sendiri hengkang dari Cirebon ketika berumur 18 tahun dengan tujuan menjadi Au pair Maedchen, lalu tugas sosial selama 1 tahun. Baru kemudian ia berpikir untuk mengembangkan diri sekolah asisten perawat dengan ijazah SMA yang disetarakan di Jerman. Lalu, ia melanjutkan ke akademi keperawatan selama 3 tahun. 

Selama dalam masa pendidikan dan saat bekerja, ia sudah memiliki pengalaman kerja di rumah sakit atau klinik di Muenchen. Mulai dari psikiater sampai bagian operasi. 

Seru juga ya, ada plus minus menjadi perawat. Katanya, plusnya jadi perawat itu profesional, ada variasi kerja, tanggung jawab yang besar, kontak dengan banyak orang dan menolong sesama. Minusnya kerja shift, ada stress yang mendera dan belum banyak apresiasi, walaupun gajinya kalau dirupiahkan banyak sekali.

Ah, ya. Bayangkan saja kerja shift, lelah dan ngantuk tapi asyiknya ada hak cuti selama 30 hari dalam setahun dan 6 hari tambahan karena shift tadi. Di Indonesia paling banter 12 hari bukan?

Untuk tahu lebih banyak tentang pengalamannya dari A-Z ia menyarankan untuk membaca buku "Banyak Cara Menuju Jerman" yang ditulis oleh admin Koteka, Gana Stegmann. 

Di sana beberapa lembar menerangkan secara gamblang apa syarat Ausbildung yang ia tempuh, surat-surat yang diperlukan sampai pengalamannya menikah dengan warga negara Jerman. 

Baiklah. Jika tertarik untuk menjadi perawat di Jerman, ada cara lain selain yang ia jelaskan. Konsul Jendral KJRI Frankfurt, bapak Acep Somantri sebagai narasumber pertama, sudah menjelaskan program pemerintah Indonesia dan Jerman yang mengatur supaya banyak orang Indonesia yang menjadi perawat di Jerman. 

Semua dibiayai program, ada kursus persiapan bahasa Jerman dan seterusnya. Silakan menyimak website siskop2mi.bp2mi.go.id/lowongan/detail/2. Bapak Roy Maretin Hasudungan dari bagian Pensosbud KJRI Frankfurt memberi catatan bahwa gelombang pertama tahun ini sudah ditutup, gelombang kedua akan dibuka lagi kira-kira kuartal berikutnya.

Kotekatalk-79 kali itu merupakan kerjasama Koteka dengan KJRI Frankfurt dan Poltekes Kemenkes Kupang. Dihadiri 100 peserta, diskusi 1,5 jam menarik sekali. 

Panitia mohon maaf dengan keterbatasan kuota link zoom dari Koteka. Kerjasama dengan KJRI sudah ketiga kalinya, sedangkan dengan Poltekes Kupang yang memiliki muatan lokal pelajaran bahasa Jerman, sudah dua kali. Semoga membawa manfaat dan inspirasi bagi semua pihak. Paling nggak membuka wawasan generasi muda Indonesia supaya go international.

Baiklah. Dari diskusi tentang "Peluang menjadi perawat di Jerman dan sekilas Oberbayern", kami ajak kalian untuk jalan-jalan ke Ukraina. 

Serangan Putin meluluhlantakkan Ukraina, negeri yang menjadi pemasok gas, bahan makanan dan barang-barang penting ke Jerman. Dr. Giorgio Gonella, seorang  biologist, genomics scientist itu juga traveler yang sudah menjajaki Kyiv dan Chernobyl, tempat nuklir meledak. 

Bagaimana keindahan kota tersebut sebelum hancur? Gio akan cerita acara klenong-klenongnya September 2021 yang lalu. Tentu sebuah kenangan terindah dan tak terlupakan. Sekarang saja sedih.

Apa saja keindahan kota Kyiv yang sebenarnya menarik untuk dikunjungi? Makanan apa saja yang bisa dicicipi? Musik tradisional apa yang terkenal dari sana? Apakah mengunjungi Chernobyl tidak berbahaya? 

Bagaimana opini Gio tentang rekonstruksi bangunan-bangunan bersejarah di Ukraina? Bagaimana perasaannya mengetahui semua musnah pasca kunjungannya ke sana? Apakah kalian tertarik untuk cas-cis -cus dengan Gio dalam Kotekatalk kali ini? Mumpung ada yang ngomong Inggris, ayo praktek, yuk!

Untuk itu, kami undang kalian semua hadir pada:

  • Hari/Tanggal: Sabtu/ 19 Maret 2022
  • Pukul: 16.00 WIB (Jakarta) / 10.00 CET (Berlin)
  • Pendaftaran: bit.ly/kotekatalk80
  • Hadiah: Voucher Koteka

Acara ini merupakan kerjasama Koteka dengan Jurusan Bahasa Inggris Universitas Pamulang dan Jurusan Bahasa Inggris UNESA. Jangan lupa daftar dan hadir pada hari H alias nggak lupa karena sudah dimasukin ke kalender. 

Jumpa Sabtu!

Salam Koteka. (GS)