Event Komunitas Online

Sabtu Mau ke Mana? Ke Wellington, Yuk!

06 April 2022 00:00:00 Diperbarui: 06 April 2022 10:07:49 113

Hari

Jam

Menit

Detik

Sudah Berakhir
Sabtu Mau ke Mana? Ke Wellington, Yuk!
Sabtu ini kita ke Wellington (dok.Koteka)

Hi, everyone, apa kabar?

Masih sehat dan bahagia, bukan?

Sabtu lalu, Komunitas Traveler Kompasiana sudah menyuguhi acara maraton dengan dua zoom. Zoom pertama "Wonderful Indonesia" Pulau Seram Nggak Seseram Namanya" dengan narasumber admin Koteka Diaz Jose Dizzman. Ia menceritakan pengalamannya mengunjungi pulau di Maluku tersebut. 

Pulau Seram merupakan pulau terbesar di Provinsi Maluku dan terletak di sebelah utara Pulau Ambon. 

Dari Pelabuhan Tulehu yang terletak sekitar 20 KM utara Kota Ambon, mas Diaz naik kapal cepat menuju Kota Masohi yang merupakan ibu kota Kabupaten Maluku Tengah. 

Perjalanan memakan waktu kurang lebih satu setengah jam melintasi selat antara pulau-pulau Haruku dan Saparua dengan Seram.

Waktu itu mas Diaz menumpang kapal dan mendarat di pelabuhan Amahai yang terletak sekitar 5 Km dari Masohi.

Dari Amahai, ia naik angkutan perdesaan menuju Masohi dan diantar langsung ke depan hotel yang berada di belakang pasar.

Awalnya admin Koteka itu menganggap pulau Seram itu memang benar-benar seram. Namun setelah menginjakkan kaki disana, tak terasa sedikit pun rasa seram. Sepi sih, iya. Barangkali karena dari kata Siram diplesetkan menjadi Seram karena lebih  mudah diingat dan gampang dalam pelafalan.

Selain mengisahkan Pulau Seram, mas Diaz mengulang cerita Aceh, Serambi Mekah, mumpung banyak mahasiswa dan dosen jurusan wisata yang bergabung hari itu. 

Nah, zoom yang kedua tambah seru karena ada tamu agung, Mas Menteri Pariwisata dan ekonomi kreatif RI, Sandiaga Uno. Peserta yang mendaftar ada 880, namun karena proses "accept waiting list" nya lama, banyak yang merajuk. Tetapi setidaknya yang masih online ada hampir mencapai 300 peserta. 

Menteri menceritakan tentang tanda-tanda kebangkitan pariwisata Indonesia 2022 yang menjadi judul "Wonderful Indonesia", antara lain Moto GP dan dihapuskannya karantina.

Diharapkan oleh beliau bahwa mahasiswa dan dosen jurusan pariwisata dari Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga dan Poltekpar Bali juga ikut mendukung serta berpartisipasi dalam memajukan pariwisata Indonesia, antara lain dengan penggunaan teknologi.

Menteri juga mengacungkan jempol atas kegiatan yang diadakan oleh Koteka. Katanya, nama Koteka mengena, mudah diingat dan menunjukkan salah satu kekayaan budaya tanah air di belahan bumi bagian timur. Coba kalau namanya Kotrakom, beda, bukan?

Terima kasih kepada crew Kemenparekraf RI, UKSW, Poltekpar dan Dejavato yang telah mendukung acara. Tak lupa kepada traveler di Koteka yang setia mengikuti episode istimewa ini. 

Selamat kepada 10 pemenang voucher Koteka, 10 pemenang merchandise UKSW dan 2 pemenang merchandise Dejavato. Semoga menjadi kenang-kenangan indah, bukan dari barangnya tapi dari wawasan baru yang didapatkan hari itu.

Lalu, Sabtu ini, dari Indonesia, kami ajak jalan-jalan ke luar negeri, kali ini ke Wellington, ibu kota Selandia Baru.

Teman-teman, Selandia Baru mencatat kenaikan kasus omicron sejak beberapa pembatasan sosial dilonggarkan. 

PM Ardern mengatakan kepada Radio Selandia Baru bahwa puncak omicron di negara tersebut bisa terjadi pada Maret dengan kasus harian berkisar antara 10 ribu hingga 30 ribu.

Untuk itu Kotekatalk akan membahas tentang berita tersebut bersama perwakilan Indonesia di Wellington. Karena Koteka adalah komunitas yang tertarik dengan informasi wisata, informasi tentang keindahan Selandia Baru akan didiskusikan secara sekilas. 

Para mahasiswa dan dosen juga akan memiliki pandangan luas dan perspektif untuk merencanakan studi ke sana atau menjadi perawat, mengingat sebagian besar peserta adalah dosen dan mahasiswa yang berkompeten di bidangnya. Dan bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang dipelajari di kampus, ini mendukung komunikasi.

Untuk kedua hal tersebut, Komunitas Traveler Kompasiana sangat menantikan paparan KBRI Wellington dan salah satu video youtube mengenai wisata Selandia Baru akan diputar, untuk sejenak jalan-jalan secara virtual.

Melalui talkshow ini, Koteka juga turut mendukung program Kompasiana.com (sebagai induk dari Komunitas Traveler Kompasiana), "Lawan corona pakai konten" dan menggaungkan motto "Ini diplomasi."

Pada akhirnya, besar harapan Koteka supaya acara Kotekatalk berupa zoom ini akan menginspirasi para peserta yang akan hadir selama masa pandemi new normal atau work from home, agar tetap semangat menjelajahi dunia dan berkarya sesuai passion masing-masing sampai kapan pun.

Untuk itulah, dengan bangga Koteka bekerja sama dengan Jurusan Keperawatan Poltekes Blora Kemenkes Semarang mengundang teman-teman pada:

  • Hari/Tanggal: Sabtu, 9 April 2022
  • Pukul: 16.00 WIB Jakarta/ 22.00 Wellington/11.00 Berlin
  • Pendaftaran gratis: bit.ly/kotekatalk-84
  • Hadiah: voucher Koteka

Baiklah, segera daftar dan masukkan jadwal dalam kalender supaya nggak lupa.

Jumpa Sabtu. 

Salam Koteka. (GS)