Event Komunitas Online

Menengok Cappadocia dan Suasana Ramadan di Turki, Yuk!

28 April 2022 21:06:05 Diperbarui: 29 April 2022 22:38:42 415

Hari

Jam

Menit

Detik

Sudah Berakhir
Menengok Cappadocia dan Suasana Ramadan di Turki, Yuk!
Sabtu ini kita ke Turki, yuk! (dok.Koteka/Click)

Hi, everyone, apa kabar?

Masih sehat dan bahagia?

Sabtu lalu, Komunitas Traveler Kompasiana sudah mengajak kalian memperingati hari Kartini bersama Dharma wanita se-Jerman. Bekerja sama dengan Dharma Wanita KJRI Frankfurt, ada 28 peserta yang hadir. Kebanyakan mengenakan wastra nusantara. 

Iya, karena tema yang diangkat adalah "Mencintai Wastra Nusantara Sepenuh Hati." Hadir selaku narasumber pertama, Dra. Wening Esthyprobo Fatandari, M.A yang merupakan Dubes LBBP RI Budapest 2014-2018. 

Hari itu merupakan keempat kalinya ibu Wening berbagi pengalamannya. Kali itu adalah tentang bagaimana beliau sangat mencintai fashion yang bahannya adalah dari wastra nusantara. Dimulai dari menikah dengan mengoleksi pakaian pengantin sarimbit yang dimilikinya, beliau mulai mengumpulkan satu demi satu wastra nusantara jika berkunjung ke pulau-pulau dari Sabang hingga Merauke.

Barangkali memang buah tak jauh jatuhnya dari pohon. Rama Andaryaka Wisnuprabu dan Ibunda adalah sosok yang menjadi contoh dalam mencintai warisan budaya Indonesia ini. 

Biasanya ibunda akan melipat kain untuk ayahanda. Kebiasaan ini menjadi kebiasaan beliau. Tampil cantik dan berkepribadian Indonesia pastilah membanggakan nggak hanya ketika di tanah air tapi juga saat di luar negeri. 

Sayang banyak orang Eropa yang memiliki image bahwa wastra Indonesia itu mahal. Padahal banyak yang murah, namun tentu dengan kualitas rendah.

Narasumber kedua, Poppy Karim berhalangan hadir, walaupun demikian, ibu dubes juga menceritakan bagaimana desainer Indonesia itu memperkenalkan karyanya, mengharumkan nama Indonesia di Hongaria misalnya (dengan kebaya dan batik). Bahkan ibu Wening masih ingat bahwa saat akan dilantik presiden, mbak Poppy lah yang menjadikan beliau queen dengan kebaya hijau dan kaya akan payet.

Selain ibu dubes, ketua DWP KJRI Frankfurt, Ibu Lilies Ekawaty Somantri yang memberikan sambutan saat pembukaan, juga ikut menceritakan kiprahnya dalam melestarikan wastra nusantara. Memakai kain batik ataupun kebaya bukan hal yang asing bagi beliau saat mendampingi bapak Konsul Jendral RI, Acep Somantri dalam menjalankan tugas diplomatik.

Hal yang sama diceritakan oleh ketua DWP KBRI Berlin, ibu Sartika Oegroseno. Dalam mendampingi suami, bapak Dubes RI Berlin Dr. Arif Havas Oegroseno, beliau juga melakukan hal yang tak jauh berbeda. Bahkan kelas batik sering diadakan di Berlin. Dan di Berlin dijelaskan beliau bahwa lurik juga lestari. 

Mengingat ada desainer Indonesia Lina Berlina yang memiliki butik dengan bahan wastra lurik. Karena modelnya adalah orang asing, wastra kita disesuaikan dengan kebutuhan. 

Warna lurik pastinya cocok dengan masyarakat Eropa yang lebih menyukai warna gelap seperti coklat, hitam, biru dan abu-abu. Berbeda dengan orang Indonesia yang menyukai warna ceria, cetar membahana.

Nah, dari Jerman dan Jakarta, Koteka bekerja sama dengan CLICK mengajak kalian semua untuk terbang ke Turki. Pernah dengar Cappadocia? Tempat indah eksotis ini biasana dijadikan ajang untuk naik balon gas di udara. Warna-warni kain balon menarik. Kontras dengan pemandangan alami yang dimiliki Turki. 

Adalah Mbak Muthiah Alhasany, ketua CLICK ini memang suka jalan-jalan dan banyak berada di Turki. Untuk itu, ia akan bercerita tentang pengalamannya di sana dan bagaimana,ya jika mengalami ramadan di sana? 

Apakah sama suasananya seperti di Indonesia? Tradisi apa saja yang membedakannya dengan di negara kita? Makanan apa yang biasa disantap saat sahur dan buka puasa? Ada juga nggak ya yang namanya ngabuburit kayak di kita?

Untuk tahu lebih banyak tentang hal ini, kami ajak kalian semua untuk hadir pada:

  • Hari/Tanggal: Sabtu/ 30 April 2022
  • Pukul: 16.00 WIB Jakarta/ 11.00 CEST Berlin
  • Pendaftaran free: bit.ly/kotekatalk87
  • Hadiah: Voucher pulsa Koteka

Baiklah, supaya nggak lupa, segera daftar dan masukkan jadwal dalam kalender.

Jumpa Sabtu.

Salam Koteka. (GS)