Event Komunitas Online

Kotekatalk-94: Kisah Perjalanan 4 Hari di Tana Toraja

18 Juni 2022 00:00:00 Diperbarui: 18 Juni 2022 02:00:37 422

Hari

Jam

Menit

Detik

Sudah Berakhir
Kotekatalk-94: Kisah Perjalanan 4 Hari di Tana Toraja
Ke Toraja, yuk! (dok.Koteka)

Hi everyone, apa kabar?

Sehat dan bahagia?

Sabtu lalu, mimin sudah mengajak kalian ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Ada Kompasianer Bahrudin yang membeberkan keindahan kota seribu sungai itu. Kalian pasti tahu bahwa kota itu sangat terkenal dengan pasar apungnya. 

Kota yang nggak hanya punya wisata sungai tapi juga wisata religi Islam, wisata fauna lantaran Bekantannya dan wisata budaya! Siapa lagi yang akan melestarikan budaya nusantara selain bangsa kita sendiri. Dimulai dari warga lokal!

Mas Bahrudin, guru SMA Plus Citra Madinatul ILMI Banjarmasin mengisahkan tentang wisata budaya. Pertama festival Sasirangan. Katanya sih, peserta memakai kain yang mirip kain jumputan. kedua, Mamanda atau teater dengan musik panting. Ketiga Madihin atau berbalas pantun. Lain kali cek kalender supaya waktu kedatangan atau saat berlibur, bertepatan dengan acara-acara tersebut. Takutnya sepi, melow kali.

Oh, iya. Masalah kuliner, Banjarmasin jagonya. loh. Jangan ketinggalan untuk mencicipi Soto Banjar, Lontong Orari, Ketupat Kandangan, Wadai Bingkai dan Amplang. Sedangkan buahnya, ada tuh, buah kasturi dan ada lagi pampakin yang mirip durian tapi nggak terlalu manis. Sudah coba? Mimin belum, hiks.

Untuk Sabtu ini, apa ya?

Sebenarnya, mimin mau mengajak kalian ke Kuwait. Tahu kan bahwa timnas kita mengalahkan timnas mereka? Mau tahu dong, tanggapan warga di sana. Sayang sekali, ibu dubes RI Kuwait berhalangan hadir. Acara talkshow dengan beliau ditunda.

Ya, udah, dari Kalimantan, mimin mau terbang ke Sulawesi saja, deh. Yang dekat. Komunitas Traveler Kompasiana sudah siapin presentasi tentang Tana Toraja. Ada admin Gana Stegmann yang akan menceritakan pengalaman 4 hari selama di Tana Toraja. Apa saja yang sudah dilihatnya? Mengapa ia dan keluarganya jauh-jauh dari Jerman ke sana? Berapa budget yang dibutuhkan bagi kita orang Indonesia yang ingin ke sana? Simak pada:

  • Hari/tanggal: Sabtu, 18 Juni 2022 
  • Pukul: 16.00 WIB Jakarta/11.00 CEST Berlin
  • Pendaftaran: bit.ly/kotekatalk94
  • Hadiah: voucher pulsa Koteka

Nah, kalau ngaku-ngaku cinta Indonesia, jangan lewatkan kesempatan untuk membedah kisah tentang Tana Toraja bersama Koteka. Pokoknya ACI, deh. Jumpa Sabtu!

"Ke Bogor jangan lupa mampir ke istana. Di istana ada bunga Raflesia.

Bersama Komunitas Traveler Kompasiana, kita bangkitkan pariwisata Indonesia."(Sandi Uno, Kotekatalk-83/2022)

Salam Koteka. (GS)