Event Komunitas Online

Simak Wonderful Indonesia: Mempromosikan Indonesia di Jerman Lewat Lagu

29 Juni 2022 15:00:00 Diperbarui: 30 Juni 2022 20:09:56 163

Hari

Jam

Menit

Detik

Sudah Berakhir
Simak Wonderful Indonesia: Mempromosikan Indonesia di Jerman Lewat Lagu
Nyanyi lagu Indonesia di Jerman, yuk (dok.Koteka)

Hi, everyone.

Apa kabar? Masih sehat dan bahagia, bukan.

Sabtu lalu mimin sudah mengajak kalian ke Bogor. Memeriahkan ulang tahun kota hujan yang ke -540, Komunitas Traveler Kompasiana mengundang Kepala Bidang Pariwisata, Ara Wiraswara untuk membeberkan keindahan kota Bogor. Bagai telor ceplok, Bogor menjadi kuning telor di antara kabupaten Bogor, putih telornya. 

Daerah yang kecil tapi memiliki keunggulan 4 potensi wisata, yakni wisata unggulan, kuliner, budaya, dan kampung wisata. Kebun Raya Bogor tentu bukan wisata yang asing bagi sebagian besar orang Indonesia, termasuk Tugu Kunjang, Istana Bogor, dan Surken. 

Wisata kuliner sebagai penyumbang pendapatan daerah diambil dari cafe, restoran, dan kedai yang menawarkan obat lapar dan dahaga di daerah yang berhawa dingin itu. 

Sedangkan Cap Gomeh, lomba lari, dan lomba sepeda merupakan atraksi wisata budaya dan olahraga. Wali Kota Bogor mulai merintis pengembangan perkampungan wisata seperti di Ciharashas, Labirin, Durian, dan Batik Cibuluh.

Nah, teman-teman yang berminat untuk melewati Bogor dan hendak mampir ke tempat wisatanya, lihatlah kalender event secara rutin. Coba, deh bayangkan kalau kalian datang dan melihat event lomba panjat durian. Seru, pasti ya? Tahu sendiri untuk memanjat pohon durian tidak semudah memanjat Bonsai. Jangan lupa, pulangnya bawa oleh-oleh, produk olahan dari durian. 

Kang Ara yang ternyata adalah pasien kedua Corona di Bogor, memaparkan bagaimana bagian pariwisata meningkatkan wisata daerah yang ada melalui kerja sama dengan ASITA dalam Bogor tour edukasi, lomba tiktok dan Reels. 

Grab juga digaet untuk memaksimalkan transportasi ke kampung wisata. Ini pasti semakin bikin semangat karena pulang pergi gampang. Catat ya, di bulan Juli ada panen raya, yang artinya, ada acara heboh!

Turis asing yang biasanya dari Belanda dan Inggris, negara yang memiliki ikatan sejarah hingga mendatangkan mereka yang ingin napak tilas leluhurnya, sebagai penyumbang 10% pemasukan wisata. 

Dalam forum tanya jawab, salah satu peserta menanyakan tentang keamanan tempat wisata. Terjadi beberapa kasus pencopetan, pelecehan dan pengamen yang bikin nggak nyaman wisatawan. Mas Ara akan menyampaikan kepada yang berwenang di daerah tersebut.

Bogor sendiri memiliki 98 hotel, 665 cafe resto dan 5 bus Uncal for free untuk Sabtu - Minggu. Jika kalian dari luar kota Bogor terus ke sana, nggak perlu khawatir jika jalan-jalan di akhir pekan lalu kemalaman. 

Baiklah, dari Indonesia, mimin ajak kalian ke Jerman. Ada Siti Asiyah di Bonn, yang dulu adalah ibu kota Jerman, sebelum kemudian pindah ke Berlin. Salah satu peserta aktif di Kotekatalk ini adalah penyanyi yang mendirikan Pesanggrahan Indonesia yang mempromosikan budaya Indonesia lewat lagu-lagu berbahasa Indonesia. 

Malang-melintang di dunia hiburan untuk rakyat lokal Jerman maupun WNI, banyak sekali pengalaman tak terlupakan yang ingin dibagikan. Mulai dari rempongnya mengemas angklung dan teman-temannya, berkolaborasi dengan seniman Jerman, sampai tabrakan dari pulang pentas. Ngeri-ngeri sedap, deh. 

Nah, untuk lebih jelasnya silakan hadir di Kotekatalk-96 pada:

  • Hari/Tanggal: Sabtu/2 Juli 2022
  • Pukul: 16.00 WIB Jakarta atau 11.00 CEST Bonn
  • Pendaftaran: bit.ly/kotekatalk96
  • Hadiah: voucher pulsa Koteka

Kiprah mbak Siti dan kawan-kawan dalam menyanyikan lagu Indonesia diiringi angklung, pastinya merupakan satu promosi budaya yang dibawa ke negeri asing. Dari sana, pasti ada ketertarikan hadirin, untuk datang mengunjungi asal dari alat musik, atau ingin tahu keindahan Indonesia lebih jauh. 

Ke Bogor jangan lupa mampir ke istana. Di Bogor ada bunga Raflesia. Bersama Komunitas Traveler Kompasiana, kita bangkitkan pariwisata Indonesia. Jangan lupa masukkan dalam kalender setelah mendaftar, supaya nggak lupa untuk hadir. Jumpa Sabtu!

Salam Koteka. (GS)