Event Komunitas Offline

Ikut Kotekatrip Walking Tour: Napak Tilas Kemerdekaan, Yuk!

06 Agustus 2022 04:05:59 Diperbarui: 12 Agustus 2022 14:06:36 387

Hari

Jam

Menit

Detik

SUDAH BERAKHIR
Ikut Kotekatrip Walking Tour: Napak Tilas Kemerdekaan, Yuk!
Kotekatrip "Napak Tilas Kemerdekaan"(dok. Wisata kreatif Jakarta)

Hallo Traveler, apa kabar?

Masih sehat dan bahagia?

Bagi kalian yang sudah daftar Kotekatrip I/2022 bersama Koteka dan Wisata Kreatif Jakarta, jumpa tanggal 16 Agustus pukul 14.00 di Lapangan Fatahillah Kota Tua Jakarta, ya. 

Jangan lupa pakai kaos kompasiana kalau sudah punya. Jikalau belum ada, kenakan kaos warna hitam, abu-abu atau merah supaya kita seragam dan nggak ada peserta yang menghilang.

Nah, karena kuota hanya 25 orang dan sudah lengkap, pendaftaran ditutup. Yang pengen ikut tur jelajah kuliner dan jelajah kota tua Jakarta tapi belum masuk daftar, janganlah kecewa. Koteka dan Wisata Kreatif Jakarta buka Kotekatrip gelombang dua tahun ini.

Memperingati HUT RI ke-77, kami akan menggelar Kotekatrip II di tempat-tempat di mana kita bisa menapak tilas sejarah kemerdekaan tanah air tercinta. Ya, ini sekaligus meramaikan kemerdekaan Indonesia. Kilas balik di masa lampau menyusuri tempat-tempat bersejarah.

Lokasi "Walking Tour" kita nanti meliputi Museum Juang 45, Museum Naskah Proklamasi dan Monumen Proklamasi.

Museum Juang 45 atau Gedung Joang 45 di Menteng ini dulunya adalah hotel kondang "Schomper" di zaman penjajahan Belanda yang dibangun tahun 1920-an. Pada zaman penjajahan Jepang pun, gedung masih dimanfaatkan untuk propaganda. 

Bangunan kamar penginapan yang tersisa saat ini tinggal beberapa yang ada di sisi utara gedung utama. Itu dimaksimalkan sebagai ruang perpustakaan, ruang kreativitas anak (children room) dan kantor Wirawati Catur Panca. Yakin menarik sekali untuk mengamati detil ruangan, deh.

Museum Proklamasi sendiri dulunya adalah rumah dinas konsulat Inggris (1931-1942), rumah Laksamana Tadashi Maeda (1942 -- Agustus 1945), rumah Duta Besar Inggris 1961-1981 dan Perpustakaan Nasional 1983. Atas gagasan Mendikbud Prof. Dr. Nugroho Notosusanto pada 1984, gedung bekas kediaman Laksamana Muda Tadashi Maeda diusulkan menjadi museum. 

Iya, karena waktu perumusan naskah proklamasi, laksamana mengizinkan kediamannya untuk dijadikan tempat pertemuan tim. Andai kita berada di sana nanti, mari bersama-sama membayangkan, betapa merah putih di dada!

Sedangkan monumen proklamasi atau tugu peringatan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia berdiri di kompleks Taman Proklamasi di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat. Taman tersebut berlokasi di bekas kediaman Sukarno di Jalan Pegangsaan Timur 56. 

Tugu menjadi penanda tempat di mana Sukarno didampingi bung Hatta berdiri sambil membaca teks proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10 pagi. Bayangkan gemuruh rakyat Indonesia kala itu. Petir menyambar!

Saking pentingnya tempat-tempat tersebut bagi kita orang Indonesia, jangan sampai kelewatan walking Tour napak tilas kemerdekaan kali ini.

Kami undang 50 traveler di Kompasiana meet up pada:

  • Hari/Tanggal: Minggu, 14 Agustus 2022 
  • Pukul: 12.30 - 15.00 WIB
  • Pendaftaran free: bit.ly/turnapaktilaskompasiana
  • Booking privat/group: 081298229129
  • Dress code: merah

Syarat dan ketentuan:

  • Tidak memiliki gejala terpapar corona.
  • Sudah divaksin, (syukur-syukur booster).
  • Follow salah dua dari medsos Koteka di; Kompasiana @Komunitas Traveler Kompasiana, Instagram @kotekasiana, Twitter @kotekasiana, Facebook @komunitastravelerkompasiana atau subscribe youtube: Komunitas Traveler Kompasiana.
  • Follow Instagram @wisatakreatifjakarta
  • Posting feed IG kalian (minimal satu) selama Kotekatrip ini dan tag @kotekasiana dan @wisatakreatifjakarta
  • Menulis satu artikel reportase Kotekatrip di Jakarta setelah acara berlangsung dan mengirimkan link tulisan ke kotekakompasiana@gmail.com

Fasilitas:

  • Free Tour
  • Snack box, Goodie bag, dan door prize
  • Penulis reportase Kotekatrip terbaik dan terpilih akan mendapatkan tambahan giveaway khusus dari Wisata kreatif Jakarta.

Yaiy, pasti seru banget peringatan HUT RI tahun 2022 secara massal ini. Tapi, ya kurang mantul kalau kalian yang ada waktu dan tinggal nggak jauh dari lokasi tujuan Kotekatrip Walking Tour bersama Wisata Kreatif Jakarta kali ini, ketinggalan kereta. Gabung, yuk! Yang sudah daftar Kotekatrip I tanggal 16 Agustus 2022 di Kota Tua Jakarta, boleh dobel, alias ikut lagi, lho. Asyik, kan.

Jakarta nggak melulu penting karena jadi ibu kota negeri ini. Jakarta adalah saksi abadi dari sejarah bangsa Indonesia. Mari bergandengan tangan melestarikan tempat-tempat bersejarah RI dengan rajin mengunjunginya dan mengabarkan pada dunia lewat tulisan di Kompasiana dan feed Instagram. Kalau nggak sekarang kapan lagi?

"Ke Bogor jangan lupa mampir ke istana. Di Istana ada bunga Raflesia. Bersama Komunitas Traveler Kompasiana, kita bangkitkan pariwisata Indonesia." (Sandiaga Uni, Kotekatalk 83/2022)

Salam Koteka. (GS)