Event Komunitas Online

Kotekatalk-112: Wonderful Indonesia Serunya Trip Sehari di 3 Gili, Lombok

21 Oktober 2022 15:00:00 Diperbarui: 21 Oktober 2022 21:52:58 124

Hari

Jam

Menit

Detik

Sudah Berakhir
Kotekatalk-112: Wonderful Indonesia Serunya Trip Sehari di 3 Gili, Lombok
Sabtu ini ke Lombok, yuk (dok.Koteka)

Hi, everyone, apa kabar?

Masih sehat dan bahagia?

Sabtu lalu, Komunitas Traveler Kompasiana sudah mengajak kalian mengupas perjalanan Koteka bersama Kompasianer di Purwakarta dalam Kotekatrip-3.

Bekerjasama dengan Disporabud Purwakarta dan Warga Kota, Koteka bahagia mempersembahkan acara jalan-jalan menikmati secuil keindahan Indonesia.

Hadir sebagai narsum pertama, bapak Kepala dinas Acep Yuliana, S.Sos. Beliau menekankan bahwa trip juga merupakan upaya membangkitkan pariwisata bersama dengan UMKM setempat. 

Di mana disporabud juga memberikan banyak pembinaan, bantuan, pelayananan dan lain-lain di tiap kecamatan. Salah satu bukti nyata adalah adanya galeri Meno untuk menampilkan karya UMKM. 

Pak Acep juga merasa senang dan berterima kasih atas kerjasama yang dibina selama ini sejak pertama kali diundang sebagai narasumber membahas keindahan Purwakarta lewat online. 

Melalui one day trip di kabupaten terkecil kedua di Jabar ini, pak Acep berharap trip mendatang akan lebih baik dan mencakup tempat wisata unggulan lain dengan lebih intensif.

Narasumber kedua, mas Ony Jamhari selaku panitia trip yang mewakili Koteka, mengulas bahwasannya trip benar-benar sukses digelar. Selaku admin, ia berterima kasih atas kerjasama disporabud dan Warga Kota yang harmonis. 

Menurutnya kerjasama dan networking ini harus terus dibina. Saking senangnya, mas Ony memborong kerajinan Plered hingga membuat mobil sesak. Produk sponsor yang dinikmati juga merupakan salah satu wisata kuliner yang tiada duanya.

Sate Maranggi? Bikin nagih! Anyelir cake dari bapak Nico yang mendukung citra Purwakarta dengan kulinernya, juga enak dan packing-nya bagus. Belum souvenir UMKM, pastel kering mini dan snack  noga kacangnya.

Narasumber ketiga, Mira Habibah dari panitia yang mewakili Warga Kota. Ia merasa secara keseluruhan acara berlangsung dengan baik. Hanya saja ia lupa bahwa yang dilibatkan dalam acara klenong-klenong adalah penulis. 

Artinya, harus banyak informasi yang disediakan untuk dilaporkan. Maklum, kegiatan ini mengharuskan peserta untuk menulis reportase apa, bagaimana pengalaman selama mengikuti Kotekatrip-3 di kota tempat tinggalnya ini. 

Narasumber keempat, Nurul Dwi Larasati adalah salah satu dari 15 peserta trip. Rasanya happy banget menikmati keindahan Purwakarta yang berbeda dengan Depok, rumahnya. Banyak temannya yang iri bahwa ia bergabung dalam piknik secara gratis itu. Untung ia diterima sebagai peserta.

Hadir dalam Kotekatalk-111, pemilik UMKM yang memberikan sponsor dalam acara, Mbak Memi, pak Nico dan ibu. Berharap semakin banyak UMKM yang mendukung trip Koteka, supaya yang ikut acara trip semakin semangat. Lain kali, nggak boleh ketinggalan. 

Baiklah, dari Purwakarta, Indonesia, mimin mengajak Kompasianer untuk menilik keindahan Indonesia lainnya di bagian timur Indonesia. Yup, Lombok. 

Gana Stegmann akan menggantikan narasumber yang batal menceritakan perhelatan World Cup di Qatar. 

Lain kali semoga bisa direncanakan lagi. Admin Koteka yang Agustus lalu menikmati Borneo, Jawa dan Lombok itu akan berbagi bagaimana rasanya trip selama sehari di 3 Gili yang eksotis; Gili Trawangan, Gili Menoa dan Gili Air. Apa saja tip yang akan dibagikan? 

Mengapa tempat itu pantas untuk dikunjungi?

Simak kisahnya pada:

  • Hari/Tanggal: Sabtu, 22 Oktober 2022
  • Pukul: 16.00 WIB Jakarta/ 11.00 CEST Berlin
  • Tema: Wonderful Indonesia "Serunya Trip Sehari di 3 Gili, Lombok"
  • Hadiah: kartu pos Jerman

Oh, iya, di hari yang sama, Koteka menggelar acara offline di Bogor. Yang nggak ikutan, bisa gabung online yang ini, kan. 

Baiklah, link akan dibagikan di group Whatsapp dan telegram atau di medsos Koteka. Yang belum join, segera, yuk! Jika orang asing saja berbondong-bondong ke sana, kita orang Indonesia harus lebih semangat. 

Paling enggak, melalui virtual di Kotekatalk melalui zoom, kita sudah turut melestarikan keindahan Indonesia yang semakin indah dipandang dari jauh. 

"Ke Bogor jangan lupa mampir ke istana. Di Bogor ada bunga Raflesia. Bersama Komunitas Traveler Kompasiana, kita bangkitkan pariwisata Indonesia" (Sandiaga Uno, Kotekatalk-83, 2 April 2022).

Jumpa Sabtu. 

Salam Koteka. (GS)