Event Komunitas Online

Kotekatalk-125: "Sekilas Hannover dan Serunya Menyambut Presiden Jokowi di Sana"

28 April 2023 00:00:00 Diperbarui: 28 April 2023 12:51:06 904

Hari

Jam

Menit

Detik

Sudah Berakhir
Kotekatalk-125: "Sekilas Hannover dan Serunya Menyambut Presiden Jokowi di Sana"
Sabtu ini kita ke Hannover, yuk! (Dok Koteka)

Hi, Koteker dan Kompasianer, apa kabar?

Masih sehat dan bahagia? Nggak terasa lebaran telah berakhir, namun mimin yakin masih banyak yang masih ngumpul bersama keluarga besar. Asyik, banget.

Eh, iya. Sudah lama banget Komunitas Traveler Kompasiana absen bikin Kotekatalk melalui zoom. Zoom terakhir di bulan Februari yang mimin gelar bertajuk Kotekatlk-124: Sekilas Kuningan dan Pengiriman Perawat dari Indonesia ke Jerman (Triple Win)", di mana narasumber Konjen RI Frankfurt bapak Acep Somantri dan Cecep Syamsul Bahri sebagai perawat program G to G banyak membahas tentang 5W1H untuk menjadi perawat di Jerman. 

Seru banget, pengen rasanya menggantungkan cita-cita setinggi bintang di langit, bukan? Ini sudah ada wawasan dan info yang penting bagi kalian yang berminat. Ingat, kuasai Bahasa Jerman! Jerman yang kekurangan tenaga perawat pasti udah nggak sabar menunggu kalian yang berkompeten di bidang ini.

Acara disambut oleh bapak Joni Siswanto, S.Kp., M.Kes selaku Kaprodi keperawatan Blora Poltekes Kemenkes Semarang. Seratus lima puluh peserta hadir dalam acara, semoga ini benar akan membawa manfaat bagi semuanya. 

Nggak terasa sudah sampai di bulan April. Di bulan yang penuh dengan rahmat karena adanya bulan Ramadan, semangat Kartini bagi kaum wanita Indonesia di manapun mereka berada dan tentu ultahnya Koteka, membuat semangat mimin menyala.

Yup, ada kabar baik karena Komunitas Traveler Kompasiana akan menggelar Kotekatalk-125: Sekilas Hannover dan Serunya Menyambut Presiden Jokowi di Sana" pada:

  • Hari/Tanggal: Sabtu, 29 April 2023
  • Pukul: 16.00 WIB Jakarta atau 11.00 CEST Berlin
  • Narasumber: Inna Herlina -- IndoHub e.V. di Berlin, Jerman

Mbak Inna telah lebih dari 30 tahun tinggal di Jerman. Mantan mahasiswi studi regional Asia-Afrika di Universitas Humbodt itu menyelesaikan gelar master di bidang agama dan budaya. 

Mbak Ina telah memiliki banyak pengalaman bekera di perusahaan, editor dan jurnalis lepas untuk "Deutsche Welle" dan mengajar bahasa dan budaya Indonesia di beberapa pusat pendidikan orang dewasa.

Pada hari Sabtu, 15 April 2023 yang lalu bapak Presiden Jokowi bersama ibu negara menghadiri Hannover Messe. Itu adalah pameran industri terbesar di Eropa dan Indonesia adalah negara ASEAN pertama yang menjadi negara mitra resmi atau partner country.

Di sanalah, RI 1 itu bertemu kanselir Jerman, Olaf Scholz. Mereka berbincang dalam pertemuan bilateral. Hasil yang dicapai antara lain investasi untuk hilirisasi bijih nikel menjadi baterai listrik. 

Indonesia menggaet BASF, Eramet dan VW PowerCo. Keren, banget. Sukses untuk kedua negara. Gimana sih, ceritanya sampai mbak Inna ketemu pak Jokowi? Seru, ah!

Perlu diketahui, Hannover adalah kota besar nomor 13 yang memiliki penduduk lebih dari 500 ribu orang. Mau berlibur ke sana? Apa saja keistimewaan ibu kota negara bagian Niedersachsen ini? 

Pastinya tempat pamerannya yang terkenal dan luas menjadi aset bagi kota untuk menarik investasi dan bisnis ke dan dari seluruh dunia. Kota ini juga punya festival bir kondang Hannover Oktoberfest, kedua terbesar setelah Munich. 

Bagi anak muda, kota ini pasti jadi incaran karena punya banyak universitas khususnya jurusan kedokteran. Jerman sangat kekurangan dokter. Barangkali ada yang minat ...

Tentu saja kota ini kaya akan bangunan tua yang sangat dilindungi di seantero Jerman. Nggak heran kalau kalian jalan-jalan pasti nemu aja tempat bagus dan unik tapi tetap terawat. Nah, siapkan koperrr....

Ya, udah, kita akan tahu banyak gambaran kota Hannover dan kehadiran pak Jokowi dan rombongan, dari mbak Inna juga, deh. Makanya, jangan lupa jadwalkan di kalender kalian, supaya nggak ketinggalan info lengkapnya.

Salam Koteka! (GS)