Eventkomunitasonline

[Bincang Online] Menebar Qurban di Daerah Terpencil

27 Juli 2020 14:06:57 Diperbarui: 29 Juli 2020 04:57:18 39

Hari

Jam

Menit

Detik

Sudah Berakhir
[Bincang Online] Menebar Qurban di Daerah Terpencil
Bisonamu #6 - Qurban di daerah terpencil (dok. Vlomaya)

Halo sobat-sobat Vlomaya, semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat ya dalam era pandemi Covid-19 yang cukup mencekam ini. Namun kita dituntut harus terus produktif di segala hal.

Kali ini kita akan berjumpa lagi di even BISONAMU (bincang-bincang online santai sambil nambah ilmu) yang keenam. Wow, sudah edisi keenam? 

Alhamdulillah, masa pandemi ini bagi komunitas Vlomaya terlihat malah tambah semarak. Karena sesuai dengan pakem Vlomaya yang selalu bersentuhan dengan vlog atau video yang berisi cerita (vlog = video blog)

Bisonamu ke-6 kali ini mencoba menyesuaikan dengan suasana dimana umat Islam Indonesia akan memasuki Idul Qurban atau lebaran Qurban. Muslim biasanya berqurban di sekitar tempat mereka tinggal. 

Ada yang di mesjid dekat rumah, ada yang dikoordinir di tingkat RT (Rukun Tetangga) ataupun RW (Rukun Warga) ada yang di kampung tempat mereka tinggal.

Komunitas ini, Komunitas Lebah, merupakan komunitas yang menampung mereka-mereka yang memiliki energi lebih untuk berkegiatan sosial, diantaranya aktif dalam kegiatan tanggap bencana, kesehatan, literasi hingga pelaksanaan qurban. 

Dalam hal qurban, komunitas ini melaksanakan model qurban yang berbeda. Komunitas Lebah menggalang mereka yang mau berqurban di daerah-daerah terpencil. 

Berarti saat berlebaran Idul Qurban, berada jauh dari rumah dong? Iya.

Berarti yang berqurban tidak mendapat bagian dari qurban yang dilakukannya dong (sebagai info, yang berqurban memperoleh hak sepertiga dari yang dikurbankannya untuk dikonsumsi oleh si pequrban beserta keluarganya)? Iya.

Berarti sapi atau kambing disembelih dan dinikmati oleh masyarakat di daerah terpencil tersebut? iya.

Wah, cukup menarik ya komunitas ini. Seperti apa sepak terjang mereka, apalagi kita semua, umat Islam, akan menemui Idul Qurban insyaallah hari Jumat besok tanggal 31 Juli 2020. 

Yuk kita nikmati penuturan komunitas lebah ini dalam melaksanakan tebar qurban di daerah terpencil agar dapat berjalan lancar dan tepat sasaran dan apa saja suka duka yang mereka alami.

Saksikan talkshow atau bincang online tersebut pada: 

  • Hari, tanggal: Rabu, 29 Juli 2020
  • Waktu: 16.00 - 17.00 WIB
  • Tempat: Instagram (IG) live Vlomaya yaitu @vloggerkompasiana 
  • Pemateri: Fifi Moestarika yang biasa dipanggil teh Fifi dan merupakan founder serta ketua Komunitas Lebah
  • Host: acara ini akan dipandu oleh Kang Bugi (Ketua/Founder Komunitas Vlomaya)

Catat ya tanggalnya, tinggal dua hari dari sekarang nih.

Jangan lupa, sebelum mengikuti acaranya, like dulu ya di IG Vlomaya (@vloggerkompasiana), beneran lhoo, jangan lupa. 

Oya, ada hadiah nih dari Vlomaya, setelah mengikuti acara tersebut, silakan buat vlog berisi kesan-kesan mengenai kegiatan dan topik ini dan di upload di IGnya masing-masing dengan durasi maksimal 60 detik.  

Jangan lupa mention IG @vloggerkompasiana dan IG @komunitaslebah dan @kompasianacom. 3 (tiga) vlog terbaik akan mendapatkan hadiah tersebut. 

See you nanti di hari Rabu sore yaaa...

Salam Vlomaya

Sebelum mengikuti acara tersebut, kenali Komunitas Lebah melalui beberapa foto kegiatan sosial Komunitas Lebah yang dapat dilihat di bawah ini:

tanggap bencana gempa dan tsunami Lombok (dok. Komunitas Lebah)
tanggap bencana gempa dan tsunami Lombok (dok. Komunitas Lebah)

Kegiatan sosial di bidang kesehatan di tahun 2019 (dok. Komunitas Lebah)
Kegiatan sosial di bidang kesehatan di tahun 2019 (dok. Komunitas Lebah)

Kegiatan literasi di Tuban tahun 2020 (dok. Komunitas Lebah)
Kegiatan literasi di Tuban tahun 2020 (dok. Komunitas Lebah)