Event Komunitas Online

Siap-siap Pintar Menulis, Yuk Ikuti Pelatihan bersama Vlomaya, Gratis Lho...

29 Maret 2021 12:56:34 Diperbarui: 30 Maret 2021 01:08:45 1061

Hari

Jam

Menit

Detik

Sudah Berakhir
Siap-siap Pintar Menulis, Yuk Ikuti Pelatihan bersama Vlomaya, Gratis Lho...
Pelatihan Menulis Aciar (dok: P3SEKPI)

Halo sobats Vlomaya, halo para Kompasianer, kita jumpa lagi.

Vlomaya punya gawean lagi nih, kegiatan pertama di masa tahun 2021. Pastinya bakalan tetap seru kegiatannya. Nggak percaya? Ayo kita simak informasinya.

Vlomaya kembali mendapat amanah untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Pusat Litbang Sosial, Ekonomi, Kebijakan, dan Perubahan Iklim (P3SEKPI), berupa Pelatihan Menulis Ilmiah Populer

Ketua Vlomaya, Kang Bugi, didapuk menjadi salah satu pembicara di dalam acara tersebut. Menariknya lagi, kegiatan ini akan menghadirkan pembicara dari Kompasiana, yaitu mas Kevin Anandhika Legionardo.

Kang Bugi yang memiliki nama lengkap Bugi Sumirat ini akan menyampaikan materi meliputi apa itu artikel populer dan ilmiah populer, fungsinya, batasan, dan bagaimana menyusun artikel ilmiah populer, termasuk bagaimana memuat artikel tersebut di media online. 

Sementara Mas Kevin akan menyampaikan materi seputar kenapa masih nge-blog atau kenapa bercerita di dunia digital masih menyenangkan. Juga tentang alasan masih nge-blog, tren media UGC (User Generated Content)di Indonesia, kenapa Kompasiana, dan keuntungan saat ber-Kompasiana.

Kegiatan ini terbuka untuk umum. Tentu saja, yang ingin ikutan acara yang sangat bermanfaat ini perlu memiliki akun Kompasiana terlebih dahulu. Belum punya? 

Caranya mudah, langsung daftar tanpa dipungut biaya dan prosesnya sangat cepat. Ikuti saja petunjuk dalam tautan berikut: sso.kompas.com/login. Di pojok kanan bawah ada tombol daftar, klik saja dan ikuti arahan pengisiannya. Isi kolom-kolom yang perlu diisi. Untuk yang belum daftar, langsung daftar ya.

Kegiatan Pelatihan Menulis Ilmiah Populer akan dilaksanakan secara online (daring) melalui fasilitas Zoom. Kami mengundang Anda semua yang berminat untuk ikut dalam kegiatan tersebut:

  • Hari/Tanggal: Kamis, 8 April 2021, pukul: 8.30 - 14.00 WIB
  • Tempat: Zoom (link zoom akan diinfokan kemudian)
  • Pembicara I:  Bugi Sumirat (Ketua Vlomaya & Peneliti P3SEKPI)
  • Pembicara II: Kevin Anandhika Legionardo (Community Superintendent Kompasiana)
  • Pendaftaran gratis: bit.ly/Menulisilmiahpopuler (saat mendaftar, harap mencantumkan nama lengkap untuk keperluan penulisan sertifikat)
  • Tersedia: E-sertifikat bagi para peserta

Sumber kegiatan ini adalah institusi yang bergerak di bidang penelitian lingkup Lingkungan Hidup dan Kehutanan (P3SEKPI) yang kali ini bertemakan Penguatan Perhutanan Sosial: Menghubungkan Hasil Riset dengan Kebijakan, Petani, dan Pasar

Oleh sebab itu, dalam pelatihan yang singkat ini, diharapkan dapat muncul tulisan-tulisan dari para peserta pelatihan yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan penelitian seperti tersebut di atas. 

Tulisan-tulisan yang akan diupload di Kompasiana ini akan berfungsi sebagai tanda awal bahwa pelatihan ini telah sesuai dengan yang diharapkan, yaitu mereka yang dapat menghasilkan tulisan-tulisan ilmiah populer. 

Kegiatan ini akan dilaksanakan secara unik-spesifik dengan tata cara sebagai berikut:

1). Seluruh kegiatan dilaksanakan secara online (daring)

2). Peserta mengikuti kegiatan pelatihan yang akan diberikan oleh dua pemateri: dari P3SEKPI dan dari Kompasiana.

3). Peserta mengikuti kegiatan talkshow P3SEKPI melalui Zoom yang dilaksanakan sehari sebelumnya (Rabu, 7 April 2021, jam 10.00 WIB - selesai). Kegiatan ini bertujuan agar para peserta dapat memperoleh informasi secara luas sebagai bahan dalam menyusun rancangan/draft tulisannya. 

4). Di akhir acara pelatihan, peserta meng-upload/submit tulisannya di Kompasiana dengan panjang tulisan sekitar 500-750 kata.


Topik tulisan berkisar pada topik-topik berkut ini (silakan pilih):

1. Dimensi sosial-ekonomi petani kayu

2. Pelatihan Master TreeGrower (MTG)

3. Regulasi dan revitalisasi industri kayu rakyat

4. SVLK (Sistem Verifikasi dan Legalitas Kayu) dalam integrasi vertikal kayu rakyat 

5. Peraturan desa dan potensinya dalam mendukung penguatan tata kelola kayu rakyat


Pada saat pelatihan, peserta diberi kesempatan seluas-luasnya untuk melakukan tanya-jawab dengan para pemateri/peneliti-peneliti yang terlibat dalam kegiatan penelitian tersebut pada topik 5a-5e, untuk memperkuat isi tulisannya.

Setiap tulisan wajib memuat kalimat:

a. Kegiatan penelitian Enhancing Community Based Commercial Forestry (CBCF) in Indonesia  (2016 - 2021), dan

b. Kegiatan kerja sama Badan Litbang dan Inovasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Australian Center for International Agricultural Research

Setiap artikel/tulisan diberi hastag atau label: P3SEKPI, KementerianLHK, ACIAR, CBCF Indonesia

Menarik, kan?

Sebagai tambahan informasi, kegiatan pelatihan ini sangat baik untuk diikuti oleh mereka yang banyak bergelut di bidang lingkungan hidup dan kehutanan dan termasuk pula pertanian dalam arti luas di dalamnya seperti penyuluh, peneliti, PEH, teknisi, mahasiswa dan kalangan umum yang tertarik di bidang tulis-menulis populer maupun ilmiah populer.

Ayo buruan daftar pada link berikut: bit.ly/Menulisilmiahpopuler (pendaftaran ditutup pada hari Senin, 5 April 2021)


Kalau masih ada hal-hal yang ingin ditanyakan, jangan ragu-ragu, langsung hubungi kami di WA (085313141496) saja ya.

Sampai jumpa di pelatihan.


Salam Vlomaya