Event Komunitas Online

Meditasi Itu Menyehatkan, Siapa yang Belum Pernah Melakukannya?

04 November 2021 02:06:06 Diperbarui: 05 November 2021 07:54:15 346

Hari

Jam

Menit

Detik

Sudah Berakhir
Meditasi Itu Menyehatkan, Siapa yang Belum Pernah Melakukannya?
Meditasi Vlomaya (Dokumentasi Vlomaya)

Meditasi, merupakan kegiatan yang dilakukan tanpa perlu mengeluarkan banyak aktivitas, gerakan, peralatan, hingga biaya. Tetapi memiliki manfaat yang luar biasa. 

Bahkan meditasi ala zen, ketika seorang newbie menanyakan bagaimana cara melakukan meditasi yang benar. Jawaban praktisi meditasi zen hanya menjawabnya dengan singkat, "You only need to sit and remain silent (kamu hanya perlu duduk dan tetap diam saja)." 

Potongan percakapan ini bisa dilihat di acara TV NHK Jepang yang bertajukkan tentang 'Meditasi ZEN.' 

Hanya dengan duduk dan diam saja sejenak, Anda sudah dapat memperoleh manfaat yang luar biasa. Betapa bermanfaatnya kegiatan meditasi ini ya.

Beberapa manfaat dari meditasi yang dikutip dari berbagai sumber menyebutkan bahwa setidak-tidaknya terdapat 7 (tujuh) manfaat dari meditasi yang akan diperoleh bila rutin melakukannya. Ketujuh manfaat tersebut adalah:

Pertama, meditasi dapat mencegah dan meringankan stres, depresi dan bahkan kecemasan (bahasa kerennya adalah anxiety). 

Stres, depresi dan kecemasan sudah terbukti merupakan salah satu sumber penyakit bila dibiarkan atau bila tidak dikendalikan dengan baik.

Kedua, meditasi dapat mengendalikan emosi. Emosi yang berkaitan erat dengan kemarahan ini, bila dikendalikan dengan baik, dapat menjadi 'pembakar' tubuh kita. Karena energi negatif ini dapat menjadi sumber penyakit bila dibiarkan tanpa kendali sehingga bertumpuk-tumpuk di dalam tubuh.

Ketiga, meditasi dapat meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh. Dari pandemi covid-19 ini kita banyak belajar tentang manfaat imunitas tubuh dan bagaimana upaya-upaya meningkatkan imunitas yang kita punya. 

Menjaga sikap berbahagia dan berpikiran positif adalah salah satu caranya dan meditasi dapat menyediakan asupan itu. Meditasi dapat meningkatkan kemampuan berpikir positif kita. 

Di samping saat meditasi, aliran energi yang mengalir dalam tubuh akan menstimulir peredaran darah dan sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik dan baik lagi.

Keempat, meditasi dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat dan mencegah pikun. Dalam melakukan meditasi, kita melakukannya tidak terlalu kepada mengatur konsentrasi, karena efek santai, rileks dan nyaman harus diutamakan. Yang perlu diperhatikan adalah mengatur fokus kita, agar tidak terbang melayang ke mana-mana.

Kelima, meditasi dapat menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. Dalam meditasi, kita mengatur agar tubuh dapat bersikap tenang secara keseluruhan. Posisi ini diyakini dapat menstabilkan kerja jantung hingga mengatur tekanan darah.

Keenam, meditasi dapat membantu menghilangkan insomnia dan membuat tidur lebih nyenyak dan nyaman. Salah satu berkah bagi manusia adalah dapat menikmati tidur dengan nyenyak dan nyaman. 

Meditasi yang dilakukan secara teratur dengan nantinya terbantunya tubuh mencapai posisi yang santai, rileks dan nyaman dapat menstimuli tubuh untuk membuang 'beban' pikiran berat yang diyakini merupakan salah satu penyebab insomnia. 

Tubuh pun kemudian menjadi dapat menikmati tidurnya. Dan tidur yang cukup dan nyenyak merupakan proses biologis yang diperlukan oleh tubuh, karena saat tidur banyak sekali proses recovery yang terjadi.

Ketujuh, meditasi dapat mempertajam intuisi. Sebagian praktisi meditasi menyebut bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari olah batin (mind and soul activity). 

Di sinilah terjadi proses permenungan, introspeksi bahkan mengolah dream ataupun keinginan untuk mencapai target sesuatu. 

Dengan cara ini, diyakini bahwa kegiatan meditasi dapat meningkatkan intuisi seseorang yang dapat berakibat kepada pengambilan keputusan yang lebih baik.

Bagi kami, komunitas Vlomaya, meditasi dapat kita tambahkan tujuannya yaitu untuk meningkatkan kemampuan menulis kita. Seperti misalnya mencari ide menulis, menghindari writer block atau hambatan saat menulis, melancarkan proses menulis, dan lain sebagainya.

Bersama ini, kami mengundang para Kompasianer dan masyarakat umum untuk dapat mengenal lebih jauh tentang meditasi dan manfaatnya dalam pertemuan zoom meeting yang diadakan bekerja sama dengan Komunitas 50plus pada:

Hari, tanggal: Jumat, 5 November 2021
Waktu              : 19.30 - 21.00 WIB
Tempat            : Zoom meeting (meeting ID: 597 157 8884, password: 50plus)
Pembicara     

  1. Gerry Rachman (Praktisi meditasi & Master Reiki)
  2. Bugi Sumirat (Praktisi meditasi & Ketua Vlomaya)

Kegiatan  ini bersifat terbuka untuk seluruh anggota Vlomaya, Kompasianer, dan masyarakat umum untuk segala kalangan usia.

Dalam pertemuan itu, para peserta dapat menikmati melakukan meditasi secara bersama-sama, menikmati distant healing, berdiskusi berbagai hal tentang tata cara melaksanakan meditasi secara mandiri ke depannya.

Silakan bergabung di Zoom meeting tersebut yang terbuka untuk umum ini serta juga terbuka untuk segala kalangan usia dan tanpa dipungut biaya dan tidak perlu mendaftar terlebih dahulu, langsung gabung saja ya.

Semoga bermanfaat.

Salam Vlomaya